Rabu, 14 Desember 2016

Tingkatan Manajemen & Tugasnya

TINGKATAN MANAJEMEN

Manajer Dijumpai pada Semua Jenjang, sesuai dengan tingkatan manajemen,

a.    Manajemen Puncak

Manajemen tertinggi dalam sebuah organisasi, yang bertanggung jawab terhadap keseluruhan aktivitas organisasi. Sebutan orang yang memegang posisi dalam manajemen puncak  adalah: direktur, presiden direktur, dewan direksi, dan sebagainya. Bertugas untuk merancang keptusan jangka panjang, merencanakan alur dari perusahaan, serta bertanggung jawah atas berjalannya perusahaan.

Baca Juga

1. Perencanaan Sistem Informasi Manajemen

2. Analisis Sistem

3. Desain Sistem

4. Komponen Sistem Informasi

5. Klasifikasi Sistem Informasi

6. Tingkatan Manajemen & Tugasnya

7. Pengertian Sistem Informasi & Pelaku Sistem Informasi

8. Konteks Pengembangan Sistem Informasi



b.    Manajemen Menengah

Bertugas mengembangkan rencana sesuai dengan tujuan dan melaporkannya kepada top manajer. Sebutan orang yang memegang posisi dalam manajemen menengah adalah: kepala departemen, kepala pengawas, Pimpro, Kepala divisi, dan sebagainya. Adapun tugas dari manajemen menengah ini adalah bertanggung jawah terhadap manajemen di bawahnya, memberikan pandangan terhadapat bidangnya sebagi usulan bagi manajemen puncak, serta membuat perencanaan jangka 1 bulan, seperti program kerja perbulan.

c.    Manajemen Lini Pertama (Terendah)

Manajemen lini pertama merupakan tingkatan yang paling bawah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Manajemen lini pertama ini dikenal dengan istilah operasional (supervisor, kepala seksi, dan mandor, Ketua Tim, dan lainnya). Tugasnya adalah langsung turun kelapangan, menulis laporan pertanggung jawaban yang akan di serahkan kepada manajemen menengah, mempunyai keahlian khusus di bidangnya.

Tipe Keputusan Manajemen

Pengambilan keputusan (decision making) adalah tindakan manajemen di dalam pemilihan altematif untuk mencapai sasaran.
Keputusan yang dilakukan oleh manajer tingkat bawah sifatnya adalah rutin dan berulang-ulang yang disebut dengan istilah terprogram (programmed) atau keputusan terstruktur (structured decision). Terprogram bukan berarti keputusan yang dibuat oleh komputer melalui suatu program komputer, tetapi berupa suatu kumpulan prosedur yang dilakukan berulang-ulang.
Keputusan pada tingkat yang lebih tinggi sifatnya adalah lebih tidak terprogram atau lebih tidak terstruktur.

Klasifikasi Keputusan oleh Manajemen


•    Keputusan terprogram (programmed decision) atau keputusan terstruktur (structured decision).
Keputusan terstruktur (structured decision) adalah keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram.  Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen tingkat bawah. Contoh dari keputusan, tipe ini misalnya adalah keputusan pemesanan barang, keputusan penagihan piutang dan lain sebagainya

•    Keputusan setengah terprogram (semi programmed decision) atau keputusan setengah terstruktur (semi-structured decision).
Keputusan setengah terstruktur (semi-structured decision) adalah keputusan yang sebagian dapat diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin dan sebagian tidak tersruktur.
Keputusan tipe ini seringnya bersifat rumit dan membutuhkan perhitungan-perhitungan serta analisis yang terperinci.  Contoh dari keputusan tipe ini misalnya adalah keputusan membeli sistem komputer yang iebih canggih. Contoh yang lainnya misalnya adalah keputusan alokasi dana promosi

•    Keputusan tidak terprogram (nonprogrammed decision) atau keputusan tidak terstruktur (unstructured decision).
Keputusan tidak terstruktur (unstructured decision) adalah keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas. Informasi untuk pengambilan keputusan tidak terstruktur tidak mudah untuk didapatkan dan tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar.

Pengalaman manajer merupakan hal yang sangat penting di dalam pengambilan keputusan tidak terstruktur. Keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain adalah contoh keputusan tidak terstruktur yang jarang terjadi.


Disqus Comments