Sabtu, 08 April 2017

Awas! Wifi Jadi Sasaran Hacker untuk Retas Android

Awas, Wifi Jadi Sarana Hacker untuk Retas Android - all about tips in computer. makalah, programming, hacker, wisata. cara dan tips berbagai permasalahan.

Halo TipsAhoi.COM, Pernah Dengarkan Hacker Itu Apa, gimana cara kerjanya, sekarang hacker bukan saja menghack melalui jaringan LAN, tapi sudah meranah ke wifi loh, mau tau skema hacker membajak android anda melalui wifi baca terus artikel ini ya.

Peretas (Hacker) tampaknya semakin pintar mencari celah untuk menyerang mangsanya. Jaringan wifi yang sering digunakan pun kini menjadi sarana hacker untuk menyerang korban.

Awas! Wifi Jadi Sasaran Hacker untuk Retas Android








Seperti diungkapkan oleh peneliti keamanan yang tergabung dalam Project Zero, Gal Beniamini yang menyebutkan bahwa ada kerentanan pada perangkat Android. Hacker bisa menyerang perangkat tersebut hanya dengan terhubung pada wifi yang berada di dekat pengguna Android.

Baca Juga : 5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Mudah Dipelajarai


Menurut peneliti tersebut, hacker bisa mengeksploitasi sasarannya tanpa membutuhkan interaksi dengan perangkat yang terhubung dengan wifi. Dikutip dari Neowin, Jumat (7/4/2017), dalam pengujiannya, peneliti bisa mengubah bagian tertentu di sistem penyimpanan memori.

Hal itu dilakukan dengan mengirimkan kode arbitrer melalui frame wifi yang berisi nilai-nilai yang tak teratur. Meski hanya menyisipkan kode berbahaya selama pengujian, hacker bisa masuk ke sistem dengan cara yang sama guna membobol informasi di dalam perangkat.

Baca Juga : Jangan Bawa HP Ke Toilet Kalau Tak Mau...

Sebenarnya, kerentanan tak hanya ditemukan di perangakat Android. Pasalnya Broadcom, chip nirkabel yang menjadi sumber kerentanan juga ditemukan di perangkat iOS. Namun pada Senin 3 April 2017, Apple telah merilis iOS 10.3.1 guna menambal celah di sistem keamanannya.


Baca Juga :  Cara Membersihkan HP Android Agar Selalu Kinclong
Sementara Google dikabarkan masih mengerjakan patch keamanan terbaru yang bakal menjadi tambalan keamanan pada April. Kendati demikian, langkah yang bisa dilakukan penggunanya saat ini ialah tidak mengaktifkan wifi secara sembarang di publik.
Demikia saja, berhati - hatilah untuk memakai wifi yang memang tida secure, karena data privasi anda lebih mahal dari data paket anda. 
Disqus Comments