Jumat, 28 April 2017

9 Olahraga Peninggi Badan Yang Harus Kamu Ketahui

9 Olahraga Peninggi Badan Yang Harus Kamu Ketahui - Bingung Cari Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan, Artikel Ini Sangat Cocok Bagi Kalian Yang Mencari Olahraga Mengenai Peninggi Badab\n, Semoga Bermanfaat Ya - all about tips in computer. makalah, programming, hacker, wisata. cara dan tips berbagai permasalahan.

dalam waktu singkat. Apakah kalian memiliki masalah tinggi badan? Mungkin saja setiap orang yang membuka artikel ini menginginkan tinggi badan yang ideal. Banyak orang yang memiliki impian untuk memiliki badan yang tinggi. Adapun alasannya yang utama yakni dengan badan yang tinggi akan membuat penampilan kita semakin menarik. Alhasil, kita akan tampak lebih percaya diri.

9 Olahraga Peninggi Badan Yang Harus Kamu Ketahui


Alasan lainnya yakni bagi orang-orang yang bertubuh pendek atau kurang tinggi biasanya sering mendapatkan bully-an alias ejekan oleh teman-temannya. Maka dari itu mereka mengharapkan tubuh yang tinggi agar tidak diejek lagi.

Selain itu, ada pula tuntutan ketika akan melamar pekerjaan ternyata harus ada syarat tinggi minimal. Pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tinggi minimal tertentu antara lain model, pramugari, teller, satpam, polisi, tentara, pilot, dan lain-lain.

Baca Juga : 4 Makanan Untuk Penurun Berat Badan

Bahkan untuk masuk ke sekolah/perguruan tinggi kedinasan biasanya ada syarat minimal tinggi tertentu. Umumnya mereka mensyaratkan tinggi badan untuk pria minimal 165 cm sementara itu untuk wanita 155 cm.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap dan mendetail bagaimana cara meninggikan badan. Artikel ini cukup panjang. Maka dari itu sebaiknya save page (simpan halaman) artikel ini. Atau kalian bisa untuk men-share artikel ini di media sosial agar kalian bisa sewaktu-waktu membaca artikel ini kembali.

Hubungan Usia dan Pertumbuhan Tinggi Badan


Laki-laki mulai mengalami penambahan tinggi badan yang pesat semenjak usia 11 tahun sementara itu perempuan akan mulai penambahan tinggi badan yang pesat mulai dari usia 9 tahun. Penambahan tinggi badan seseorang akan terhenti ketika lempeng epifisis akan tertutup. Umumnya pada pertumbuhan tinggi badan wanita akan terhenti saat umur 19 tahun sementara pada pria akan terhenti saat umur 21 tahun.

BACA JUGA : 12 Tips Sixpack Untuk Wanita Beserta Gambar

Berikut ini adalah tabel hubungan usia dan tinggi badan ideal pria


Jadi jika anda merasa kurang tinggi dan masih berada di usia pertumbuhan, sayangilah tubuhmu. Jangan bermalas-malasan. Sebab tinggi badan akan berhenti di usia 19-21 tahun. Setelah melewati usia itu kamu tidak akan bisa bertambah tinggi lagi. Berbeda dengan berat badan yang mana bisa ditambah di umur berapa saja. Namun tinggi badan tidak. Maka dari itu gunakanlah waktu luangmu untuk melakukan kegiatan menambah tinggi badan yang akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Faktor-faktor Pertumbuhan


Penambahan tinggi badan manusia disebabkan karena adanya aktifitas dari human growth hormone (hormon pertumbuhan), growth plate (sendi pertumbuhan), dan lempeng epifisis. Berikut ini adalah faktor-faktor utama yang menentukan pertumbuhan tinggi badan manusia.

1) Keturunan / Genetika


Genetika alias keturunan merupakan faktor yang sangat berperang penting dalam menentukan tinggi badan seseorang. Jika kedua orang tua anda memiliki tubuh yang tinggi maka dipastikan kamu akan memiliki tubuh yang tinggi pula. Sementara itu jika kedua orang tua anda pendek, maka anda akan berkemungkinan besar menjadi pendek pula. Namun jangan khawatir, jika anda merasa pendek dan usia anda kurang dari 21 tahun, maka anda masih bisa berkesempatan untuk mendapatkan tubuh yang tinggi asalkan anda mengikuti tips-tips yang dibahas dalam artikel ini.

BACA JUGA : Suka Fitness, Cukupi Asupan Gizimu Dengan Makanan Ini...

Menurut seorang ahli di bidang pediatri (ilmu yang mempelajari perkembangan tubuh bayi sampai remaja), tinggi badan seseorang maksimal dapat diperkirakan dengan memakai rumus berikut ini. Dalam rumus berikut ini, anda harus mengetahui tinggi badan bapake (ayah) dan mamake (ibu) kamu dalam cm.

Laki-laki = ((Tinggi Ayah - 12.7 ) + Tinggi Ibu) : 2 
Perempuan = ((Tinggi Ibu + 12.7 ) + Tinggi Ayah) : 2

Nah jika berdasarkan perhitungan dari rumus tersebut, ternyata tinggi badan anda kurang maksimal, maka tenang saja, itu kan hanya dilihat dari faktor genetika saja. Jika kedua orang tua anda bertubuh pendek, maka anda masih bisa memiliki tubuh yang tinggi asalkan memperhatikan dua faktor penting yakni Aktifitas Fisik / Olahraga dan Nutrisi / Gizi.

2) Aktifitas Fisik / Olahraga


Berbagai aktifitas fisik akan menentukan postur dan tinggi badan kamu. Jika kalian banyak melakukan aktifitas fisik dan olahraga yang banyak melibatkan otot tulang anda terutama seperti meloncat, menendang, berlari, maka hal ini akan membantu pertumbuhan tinggi badan kamu. Hindarilah melakukan aktifitas yang membebani tubuhmu dari atas misalnya terlalu sering memakai tas punggung yang berat ataupun melakukan latihan beban yang sangat berat. Pola dan kualitas tidur juga mempengaruhi tinggi badan hal ini karena penambahan tinggi badan seseorang terjadi ketika seseorang sedang tidur.

3) Nutrisi / Gizi


Asupan nutrisi juga mempengaruhi tinggi badan seseorang. Jika pada masa anak-anak, asupan gizinya kurang mencukupi, maka kelak ketika dewasa akan bertumbuh pendek. Penjelasan lebih mendetail mengenai nutrisi yang baik untuk menambah tinggi badan akan dibahas di paragraf berikutnya dalam artikel ini

Cara Meninggikan Badan dengan Olahraga


Percuma saja jika kalian ingin badan yang tinggi namun malas berolahraga. Olahraga sangatlah penting peranannya dalam perkembangan tubuh kita. Olahraga akan membuat penyerapan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi menjadi lebih lancar. Dengan olahraga, maka otot-otot akan menjadi lebih kuat, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan tentunya akan membantu pertumbuhan tulang

Baca Juga : 5 Cara Ampuh PDKT Lewat BBMd

Jika kalian ingin mempercepat penambahan tinggi badan, maka disarankan melakukan olahraga berikut ini. Asalkan rutin dan konsisten, maka badan kamu akan tambah tinggi dengan cepat.


1) Basket

9 Olahraga Peninggi Badan Yang Harus Kamu Ketahui


Orang-orang yang sering bermain basket kebanyakan memiliki tubuh yang tinggi. Hal ini karena di basket terdapat banyak gerakan yang melatih otot kaki terutama ketika melompat untuk memasukkan bola basket ke dalam ring.

basket bikin badan jadi tinggi

2) Jogging d


Lakukanlah jogging di pagi hari ketika sinar matahari bersinar namun tidak terlalu panas. Langkah kaki yang beraturan ketika jogging akan membantu pertumbuhan otot kaki anda dan adanya sinar matahari di pagi hari mampu merangsang kerja vitamin D pada tubuh kita yang tentunya akan membantu perkembangan tubuh anda.

jogging menambah tinggi badan


3) Sprint


Sprint alias lari cepat dapat membantu pengeluaran hormon pertumbuhan, selain itu tekanan-tekanan cepat pada kaki saat sprint akan memperkuat otot-otot kaki dan memperpanjang tulang pada kaki. Lihatlah para atlet sprint, mereka memiliki tubuh tinggi dan kaki yang panjang.

BACA JUGA : 7 Cara Dapetin Si Dia Tanpa Maksa


4) Skipping


Skipping (lompat tali) merupakan gerakan melompat-lompat menggunakan tali (jump rope). Sering melakukan skipping terbukti mampu membuat tubuh lebih tinggi. Selain itu manfaat lain dari skipping yakni mampu memperkuat otot kaki, meningkatkan kerja jantung, meningkatkan koordinasi, dan melatih keseimbangan. Saran : Lakukan lompatan sebanyak 500 kali tiap hari

skipping menambah tinggi


5) Renang


Berenang sangat direkomendasikan jika kalian benar-benar ingin menambah tinggi badan. Sebab dalam berenang, otot-otot tubuh anda dari ujung jari tangan sampai ujung jari kaki akan terus bekerja. Berenang akan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Saran : Lakukan renang minimal 2 kali dalam seminggu. Ingin belajar teknik dasar gaya renang? Silahkan kunjungi website www.berenang.id


6) Badminton dan Tennis


Gerakan-gerakan pada badminton tentu membutuhkan kelincahan kaki. Gerakan melompat secara cepat ketika akan melakukan smash tentu akan memperkuat otot kaki sehingga mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang kaki anda.

7) Voli


Banyak gerakan-gerakan melompat pada permainan bola voli terutama ketika akan melakukan spike. Gerakan-gerakan inilah yang akan membantu pertumbuhan tulang kalian.

8) Bersepeda


Ayunan kaki pada pedal sepeda akan membantu pertumbuhan tulang pada kaki anda. Sering bersepeda juga akan mampu membakar lemak pada paha anda.

Baca Juga : 7 Pengusaha Ngetop Ini Jatuh Bangun Sebelum Sukses

9) Yoga


Yoga mampu merilekskan tubuh anda dan melenturkan otot tubuh anda. Pada latihan yoga dengan merilekskan tubuh akan membuat tulang belakang anda tidak tegang. Hal ini tentuna akan merangsang kelenjar pituarity untuk memproduksi hormon pertumbuhan lebih banyak.
yoga meninggikan badan

Demikianlah 9 Olahraga Peninggi Badan Yang Harus Kamu Ketahui, semoga bermanfaat ya
Disqus Comments