Rabu, 26 April 2017

5 Cara Renovasi Meningkatkan Nilai Jual Rumah

5 Cara Renovasi Meningkatkan Nilai Jual Rumah - all about tips in computer. makalah, programming, hacker, wisata. cara dan tips berbagai permasalahan.

Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog TipsAhoi.com blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Renovasi rumah untuk meningkatkan nilai jual rumah anda". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien


5 Cara Renovasi Meningkatkan Nilai Jual Rumah
Jika anda ingin menjual salah satu asset berharga anda seperti rumah, tentu saja dibutuhkan beberapa pengetahuan seputar jual beli rumah agar anda tidak salah langkah dalam menjual rumah anda. Setiap orang tentu saja ingin memiliki rumah yang nyaman.

Dan sebenarnya kunci keberhasilan anda dalam menjual rumah ini adalah bergantung kepada kenyamanan yang akan dirasakan oleh calon pembeli ketika mendatangi rumah anda. Banyak sekali harga rumah yang dipasang sangat mahal dan beberapa diantaranya adalah rumah-rumah di perkotaan seperti rumah dijual di daerah Jakarta atau sekitarnya.

Renovasi rumah untuk meningkatkan nilai jual rumah anda

Memang harga sebuah rumah juga ditentukan berdasarkan lokasinya, karena ini juga berhubungan dengan perbedaan tarif pajak untuk setiap daerah. Sedangkan jika anda memiliki rumah di daerah perkotaan tentu saja bukan berarti dengan harga mahal rumah anda menjadi tidak laku, namun setiap hunian memiliki kelas penghuni yang berbeda-beda, dan dikembalikan lagi kepada mood calon pembeli. Jika mereka merasa nyaman dengan rumah anda, mau dipasang harga 1 M atau 5 M pun juga masih akan tetap terbeli.

Baca Juga : 6 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjual Rumah

Hanya saja terkadang yang membuat seseorang gagal dalam menjual rumahnya dengan harga yang maksimal adalah karena kurangnya perawatan pada bangunan rumah tersebut. Apalagi untuk anda yang akan menjual rumah di daerah perumahan. Rumah dengan bangunan standar perumahan tentu memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan rumah yang sudah direnovasi.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk anda yang mungkin baru memiliki rumah, tidak ada salahnya untuk melakukan planning renovasi dalam waktu dekat.

Beberapa dari anda mungkin mengatakan,”Planning sih ada, tapi dananya yang belum.” Eits, jangan salah ya, renovasi tidak lantas harus dilakukan pada satu waktu, yang dimaksudkan bukan harus secara totalitas direnovasi semua. Bisa dicicil satu persatu sampai nanti akhirnya rumah anda bisa menyerupai rumah yang sudah anda desain sebelumnya.

Gencar melakukan promosi di Internet agar mendapatkan calon pembeli yang jauh lebih banyak dibandingkan hanya memasarkannya melalui media surat kabar lokal yang akan dipasang di halaman iklan baris.

1. Lakukan semua perbaikan yang diperlukan. 

Tidak ada hal yang membuat calon pembeli mengurungkan niatnya seperti biaya perbaikan saluran air sebesar Rp20.000.000 yang harus dikeluarkannya sebelum menempati rumah. Perbaiki hal-hal dasar di rumah Anda (seperti jendela yang retak, kebocoran di atap, talang air yang berkarat, dll.) atau jika tidak, perbaikan berbiaya besar lain yang telah Anda lakukan tidak akan terlihat di mata calon pembeli.

2. Utamakan Perbaikan  Dapur

Utamakan perbaikan dapur ketimbang ruangan lainnya. Dapur adalah ruangan yang paling penting di dalam rumah, berkaitan dengan nilai jualnya. Dapur adalah ruangan yang paling diperhatikan oleh kebanyakan calon pembeli, dan 85% biaya renovasi yang Anda keluarkan akan kembali saat rumah terjual.

Baca juga : 7 Pengusaha Ngetop Jatuh Bangun Sebelum Sukses

Cat dinding baru yang menyembunyikan noda percikan minyak dapat membuat dapur tampak baru tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.
Cari atau belilah tempat untuk menyimpan piring dan buku resep masakan agar dapur Anda tampak bersih dan lapang.

3. Pasang Kabinet & Meja Daput

Pasang kabinet dan meja dapur yang serasi. Ini adalah perbaikan yang bernilai tinggi, terutama jika Anda menggunakan peralatan modern. Awali perbaikan di dapur sebelum kamar mandi atau kamar tidur. Kabinet yang baru dapat mengubah suatu ruangan tampak baru seperti jika seluruhnya direnovasi. Atau, pertimbangkan pilihan yang lebih murah, dengan menghubungi jasa perbaikan furnitur untuk membersihkan dan mengecat ulang kabinet lama, sehingga tampak seperti baru dibeli di toko.

Harga meja dapur granit atau marmer lebih mahal, namun cenderung lebih tahan lama dan tetap tampak indah sekalipun sudah lama.

Baca Juga : Tips Agar HP & Laptop Tidak Cepat Rusak

4.Lepaskan Sekat Dinding

Lepaskan sekat dinding atau pindahkan furnitur berukuran besar agar rumah Anda tampak lebih terbuka. Luas bangunan dalam satuan meter persegi adalah penentu utama nilai jual rumah. Namun, Anda bisa menciptakan ilusi rumah yang lebih lapang dengan menyingkirkan benda yang mengganggu. Calon pembeli menyukai ruangan yang tampak lapang dan besar karena dapat membayangkan barang pribadinya masuk saat mereka pindah.

Lepaskan sekat dinding yang tidak perlu.
Pindahkan lemari dari tengah dapur untuk membuka rumah Anda.
Pasang pintu ayun agar aliran udara di antara ruangan, seperti dapur dan ruang makan, mengalir lancar.

5. Perhatikan Hal Kecil

Ketahuilah bahwa hanya ruangan dalam rumah yang dihitung sebagai luas bangunan. Membangun beranda adalah langkah berbiaya besar, namun tidak akan meningkatkan nilai jual rumah dalam jangka panjang, karena tidak termasuk ke dalam luas bangunan. Di sisi lain, memperbaiki gudang dapat memberikan nilai tambah saat rumah dijual kembali.
Jika mampu, pertimbangkan untuk menambah ruangan di dalam rumah. Rumah yang lebih besar tentu bernilai lebih tinggi. Namun, menambah ruangan membutuhkan biaya besar, dan waktu pengerjaan hingga beberapa bulan.

Umumnya, memperbaiki rumah akan lebih meningkatkan hasil investasi dibandingkan menambah ruangan baru.

Sebelum sobat menutup Artikel Renovasi rumah untuk meningkatkan nilai jual rumah anda ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya. Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk meng KLIK tombol share :) 
Disqus Comments