Senin, 20 Maret 2017

10 cara menjadi programmer otodidak untuk pemula

10 cara menjadi programmer otodidak untuk pemula


10 cara menjadi programmer otodidak untuk pemula

Halo sahabat caratipsahoi, kali ini saya ingin berbagi tentang  cara menjadi programmer otodidak untuk pemula.

Oke teman teman, mengapa perlu membaca 10 cara menjadi programmer otodidak untuk pemula, karena saya juga pernah seperti teman  teman sekalian,

dimana ketika saya mulai belajar tentang apa itu program saya mulai menuliskan hello world, kemudia saya cari tentang artikel tersebut di internet,

kemudia saya download materi yang berhubungan dengan itu, lalu saya mulai membacanya, kemudian rasa bosan muncul, dan akhirnya saya tinggalkan berkas hasi downloadan tersebut di laptop saya. Dan itulah hal yang terjadi setiap saya berniat untuk programmer.

Nah dari pengalam saya tersebut, saya tidak ingin apa yang saya alami dialami oleh teman teman sekalian ketika mulai belajar programming, sehingga saya putuskan untuk menuliskan 10 cara menjadi programmer otodidak untuk pemula. Ikuti dan baca satu per satu ya.

1.       Niat kuat, kunci jadi programmer otodidak yang kuat


Cara menjadi programmer otodidak itu diperlukan niat apalgai kita sebagai pemula. Pernahkah teman sekalian pernah untuk meniatkan sesuatu, misalnya mala mini saya ingin mengerjakan tugas. Setelah sampai malam, eh ada teman aja shopping.

Gimana ketika niat teman teman tidak kuat otomatis teman teman sekalian akan ikut shopping kan. Makanya cara menjadi programmer otodidak untuk pemula itu adah niat kuat, dan niat kuat itulah sebagai kunci jadi programmer.

2.       Pilih Satu Bahasa Pemrograman Yang Disukai ( Khusus Untuk Pemula)

Nah, niat yang kuat tidak lah cukup untuk menjadi programmer otodidak untuk pemula, sesuatu harus ditambahkan, niat apa yang anda kukuhkan. Saran saya pilih lah satu bahasa pemrograman yang disukai, mungking teman teman belum banyak menganl jenis bahasa pemrograma, saya akan coba kenalkan.

Untuk desktop  ada yang menggunakan java, phyton. Untuk aplikasi yang berdasarkan web ada bahasa PHP. Facebook adalah hasil dari bahasa pemrograma PHP itu. Untuk android ada bahasa pemrograman java for android. Ada juga C++, ada juga C# buatan windows dan masih bayak lagi. Silahkan dipilih mana yang disuka ya.

3.       Pahami Algoritmanya

Segala bahasa pemrograman tersebut dibangun oleh algoritma, apa itu algoritma ?
Algoritma adalah step by step untuk menyelesaikan masalah.
Missal cara pergi ke Jakarta dari pekanbaru.

Pertama kita harus menetuin apakah naik bus atau naik pesawat, kemudian tentu kita harus memesan tiket, lalu kita packing, kemudian berangkat deh sesuai tanggal yang ditentukan.
Rentetan dari pristiwa diatas adalah algoritma, pahami algoritmanya maka anda akan sampai ke tujuan. Missal tujuan anda menampilkan hello world, pahami algoritmanya, maka hello world akan ditampilkan.

Itulah cara menjadi programmer otodidak untuk pemula.

4.       Jangan Menghapal Sintax

Sintax didefenisikan sebagai code, agar menjadi programmer otodidak untuk pemula, maka belajarlah untuk memahami sintax bukan menghafalnya, karena arti dari memahami dan menghafal sangat jauh,

Perbedaan mendasar antar memahami dan menghafal sintax akan dihadapi ketika terjadi error pada kode program, orang yang menghafal sintax akan pusing 7 keliling mencari kesalah walaupun kesalahnnya itu sepele semisal tanda titik koma. Sedangkan orang yang memahami sintax akan merasa tertantang ketika terjadi kesalan kode program, dan ia akan berusaha untuk mencari kesalahan tersebut. Itulah kungi cara menjadi programmer otodidak untuk pemula

5.       Jangan Hanya Copy Paste

Untuk menjadi programmer otodidak untuk pemula, usahakan untuk mengketikkan kode program, jangan sekali – kali hanya copy paste kode program lalu me running nya. Hal ini sangat fatal, ketika kita sudah terbiasa mengetik maka akan meningkatkan rasa percaya diri, dan akan menigkatkan daya ingat kita terhadap kode program yang telah kita ketik. Hal inilah yang menjadi kunci menjadi programmer yang handal untuk pemula

6.       Kerjakan 1 Project Sampai Jadi

Selain jangan copy paste kita juga disarankan untuk mengerjakan 1 projeck sampai jadi.
Kebanyakan programmer sekarang hanya belajar saja tanpa mampu mengerjakan proyek satupun. Hal inilah kunci menjadi programmer yang handal untuk pemula.

7.       Jangan Cepat Menyerah

Jangn pernah menyerah waluapun terjadi kesalahan. Karena untuk menjadi programmer otodidak yang handal diperlukan konsitensi yang tinggi.

8.       Tingkatkan Jam Terbang Anda

Untuk menjadi programmer otodidak yang handal untuk pemula diperlukan jam terbang yang tinggi, hal ini berguna untuk mengikatkaan kemampuan programming anda

9.       Bergabung di Komunitas

Komunitas merupakan tempat berbagi ilmu gratis bagi para otodidiak, sehingga ketika anda ingin menjadi programming otodidaak maka disarankan anda mencari komunitas programming.

10.   Mulai dari sekarang

Inilah hal yang paling inti dari tips cara menjadi programming otodidak untuk pemulai, yaitu mulailah dari sekarang. Kesemua hal diatas tidak akan bisa terwujud ketika anda menunda waktu untuk sukse.

Hal itulah yang menjadi cara untuk jadi programming otodidak untuk pemula, ketika anda mengikuti 10 cara diatas maka anda akan jadi programmer otodidak nan handal. terimakasih

Disqus Comments