Rabu, 01 Februari 2017

Pengenalan PHP ( Pengertian, Kelebihan, & Proses Instalasi PHP)

Pengenalan PHP ( Pengertian, Kelebihan, & Proses Instalasi PHP)


Php book


Ok teman-teman, kali ini saya ingin share cara bagaimana itu php programming, dan insya allah akan kita pelajari seca kontiniu ya, jadi seperti cerita bersambung ni.

Ok, sebelum kita lebih jauh apa itu php, apakah pemberi harpan palsu. Bukan,
Tapi penting php itu sudah dipakai hamper 70% website di dunia, salah satu website terkenal yang menggunakan php adalah Facebook, ok kita mulai ya.

Defenisi PHP

Php itu adalah bahasa pemrograman yang bersifat server side, artinya server yang akan menjalankan semua codingan yang telah kita tulis, apapun perubahan yang kita perbuat terhadap kodingan, maka server akan menyimpan itu dan menjalankannya.

Nah ada beberapa basic yang harus dikuasai sebelum belajar php, yaitu HTML. Nah setelah belajar HTML disarankan untuk belajar CSS & Javascript, baru dilanjutkan untuk belajar PHP.

Nah apa aja sih kelebihan PHP dibandingkan HTML, bagi teman-teman saya kasih tau nih, kelebihan PHP dengan HTML itu bagaikan bumi & langit. Maksudnya PHP itu adalah dynamic artinya bisa berubah –ubah, apapun yang kita inginkan PHP bisa.

Sedangkan HTML  itu static artinya tetap, sehingga ketika kita ingin merubah sesuatu ya kita harus masuk ke kodingan dan merubahnya satu per satu.

Kemudian php itu bisa create, open, read, write, delete, dan close files di dalam server, sedangkan HTML tidak bisa.

PHP juga bisa mengumpulkan data lalu memprosesnya, HTML mah  tak bisa,
Setelah itu PHP juga mampu mengirim dan menerima cookies, apa sih cookies itu, nanti kita bahas ya.

PHP juga mampu menambah, menghapus, memodifikasi data di database.
PHP juga bisa untuk mengontrol user-access, dan bisa juga untuk mengenkripsikan data, nah udah mulai taukan tentang PHP. Penting PHP itu segalanya deh,

Keleiha PHP

Lalu kenapa kita harus memilih PHP, nah sebagai bocoran bagi kawan-kawan web programming memiliki banyak bahas pemrograman, seperti ASP, nah ASP ini buatan windows brow, dan lumayan terkenal di masa lalu, tetapi karena kasus DOS yang menyerang website yang ASP, maka sekarang ini banyak ditinggalkan brow,

Nah lalu kenapa kita memilih PHP, karena
PHP bisa dipakai di multi platform, mau di windows, linux, unix, mac OS X, atau yang lainnya,
PHP juga cocok dengang hampir semua server gan seperti Iapache, IIS,dan lainnya.
PHP juga support dengan bergam databasw,

Dan ini nih, yang paling gila, PHP itu gratis brow, dan bisa di download di www.php.net
Serta php itu sangat mudah digunakan, dipelajari karena sangat user friendly brow.

Instalasi


Nah, bagi kawan-kawan yang sudah mengerti defenisi PHP pasti ingin mencobanya kan, sebelum kita bisa coding terlebih dahulu kita harus melalui proses yang namanya instalasi.

Apa-apa saja yang harus kita install, sebenarnya sih banyak yaitu
PHP, ini akan kita gunakan sebagai bahasa pemrograman,
APACHE, ini kita gunakan sebagai server, karena PHP adalah code yang berjalan di sisi server.
MYSQL, ini kita gunakan sebagai databasenya, untuk menyimpan data-data yang kita create,

Banyak juga sob kan, tetapi tenang. Di zaman sekarang ini anda tidak perlu untuk install semua sekaligus, tetapi anda hanya cukup menginstal l satu paket saja ketiga sudah dapat apai itu, namanya xampp, bagi teman-teman bisa download  xamp disini

Nah setelah berhasil mengintallnya, saya ucapkan selamat, dan di artikel selanjutnya kita akan belajar mengenai syntax PHP tersebut ya, sekarang istirahat saja dulu.
thanks

Disqus Comments