Sabtu, 11 Februari 2017

Mail Relay, MTA dengan Protokol SMTP (Pengertian & Penjelasannya)

all about tips in computer. makalah, programming, hacker, wisata. cara dan tips berbagai permasalahan.


Mail Relay, MTA dengan Protokol SMTP (Pengertian & Penjelasannya)

SOAL


1.    Jelaskan apa itu mail relay dan berikan contohnya!
2.    Berikan contoh penerapan email menggunakan MTA (Mail Transfer Agent) menggunakan protokol SMTP!

JAWABAN

1.    Mail relay 


adalah suatu fasilitas untuk mengirimkan email dengan menumpangkan kepada server yang disebut relay MTA(Mail Transport Agent). Server tersebut yang nantinya mengirimkan email ke alamat tujuan. Mail relay merupakan software SMTP Proxy sederhana dan Relay MTA yang berfungsi sebagai filter. Jenis-jenis mail relay:

•    Closed Relay: secure atau aman dalam artian pesan email hanya akan di relay oleh mail server untuk pengguna-pengguna yang terverifikasi memiliki akses untuk ke server relay. Closed Relay adalah pengaturan umumnya yang diberlakukan server internal untuk mencegah penyalahgunaan internet.

•    Open Relay: server SMTP yang digunakan untuk mengirim surel-surel yang tidak terlindungi dan tidak terautentifikasi. Nama lain dari Open Relay adalah Anonymous Relay yang apabila diaktifkan maka server akan menghadapi resiko keamanan yang akan sangat merugikan server dan data-data di dalam server.

Contoh penerapan email MTA pada saat kita ingin mengirimkan email ke banyak alamat, maka email tersebut akan ditampung terlebih dahulu oleh MTA dan lalu dikirim ke alamat yang dituju. Hal ini untuk memudahkan pengiriman, dengan menghemat waktu dan meringankan perkerjaan PC sebagai server utama.

2.    Contoh implementasi dengan MTA 


seperti informasi rapat wali murid, maka kabag Humas mengirimkan email ke masing-masing orang tua lewat email MTA. Dimana, email yang akan dikirim akan ditampung lewat mail relay dan dikirim secara bersamaan.  Dengan menggunakan ISP-SMTP Relay/MTA ini pelanggan akan mendapat user name, password dan credit email (jumlah email yang diperbolehkan untuk dikirim dalam interval waktu tertentu).



 
Disqus Comments