Sabtu, 28 Januari 2017

BGP, IGRP, Static Routing, Dynamic Routing (Defenisi)

BGP, IGRP, Static Routing, Dynamic Routing (Defenisi)


BGP


Defenisi
Bgp (Border Gateway Protocol) adalah  sebuah protocol yang menjadi pusat dari semua protocol yang ada didunia.
Fungsinya

BGP ini berfungsi untuk melakukan pertukaran jaringan sesame BGP di seluruh dunia agar menjadi satu kesatuan yang utuh
 Implementasi
Bgp ini pertama akan memperkenalkan alamat-alamat IP apa saja yang ada di dalam sebuah jaringan. Ini berguna agar Bgp B yang lain dapat menjangaku jaringan dari Bgp A yang sudah memperkenalkan jaringan  tersebut, sehingga server, pc, perangkat computer lainnya saling berhubungan. Maka dengan proses inilah  kita dapat menagkses server yahoo, googel dll.

IGRP   

Merupakan singkatan dari (Interiont Gateway Routing Protocol) 
Merupakan sebuah  teknologi bau pengganti dari rip (routing  information protocol) yang hanya memilik 15 hop, adapun igrp mampu memiliki maksimum 255 hop.
Igrp ini berfungsi  sebagai  penjaluran jarak antara vector yang memformulakan nya menjadi satu kesatuan , sehingga  metric yang banyak dijadikan menjadi satu metric saja.
Selain itu igrp juga mendukung multiple metric (banyak metric) termasuk didalmnya bandwith, delay, load, dan reability nya.

Static routing

Adalah sebuah proses routing yang akan menghasilkan table yang static . sehingga dalam pengoperasiannya harus diinputkan secar manual dan ruting nya juga harus di seting satu per satu. Sehingga hanya cocok untuk jaringan yang kecil., dan tidak cocok dengan jumlah jaringan yang sangat besar .
Selain itu ketika terjadi perubahan ip address di dalam sebuah router maka router yang lain juga harus di setting, sehingga jika ada 100 router maka ke 100 router tersebut harus di routing., ini termasuk kekurangan dari static routing

Dynamic routing

Sangat cocok untuk jaringan yang luas dan besar, yang akan membentuk table routing yang dinamis dan dapat berkeomunikasi antar sesame routing, maksudnya ketika kita selesai menyetting semua orouter dan terdapat kesalahan di sebuah router. Maka yang kita perbaiki hanya router yang rusak saja, secara otomatis informasi perubahan yang telah kita setting akan dikomunikasikan dengan router lainnya sehingga terjadi keselarasan kerja

Disqus Comments