Jumat, 27 Januari 2017

Pengantar Teknologi Informasi (Jawaban Tugas Masalah Teknologi Informasi)

Pengantar Teknologi Informasi (Jawaban Tugas Masalah Teknologi Informasi)

1.)    Jelaskan kenapa perkembangan teknologi IT lebih cepat dibandingkan dengan teknologi lain, serta jelaskan contohnya!

Jawaban :


Karena teknologi IT merupakan teknologi yang digunakan untuk menyimpan, mengolah, dan menyediakan informasi yang memang sangat dibutuhkan di berbagai bidang,untuk membantu berbagai pekerjaan agar lebih efisien, efektif, dan akurat.
Oleh sebab itu, untuk membantu meningkatkan pekerjaan dalam berbagai bidang tersebut, maka teknologi informasi perlu dikembangkan, apalagi dalam perkembangan zaman yang memang membutuhkan suatu teknologi yang berguna untuk menyimpan, mengolah, dan menyediakan informasi secara cepat dan tepat yang akan dijadikan bahan untuk memantau seberapa efektifkah fungsi berbagai bidang, dan juga dapat dijadikan suatu bahan evaluasi untuk lebih memajukan kinerja dalam berbagai bidang tersebut.

Oleh karena itu, teknologi informasi merupakan teknologi terpenting karena dapat membantu untuk memajukan teknologi lainnya dalam berbagai bidang agar menciptakan suatu teknologi yang lebih canggih.

Oleh sebab itu, perkembangan teknologi informasi lebih cepat dibanding dengan teknologi lainnya. Contoh, perkembangan teknologi IT lebih cepat daripada perkembangan teknologi lainnya, seperti teknologi mesin, kendaraan, dan alat-alat elektronik, karena teknologi-teknologi tersebut juga memerlukan peran teknologi IT dalam perkembangannya, semakin cepat dan canggih perkembangan teknologi IT, maka akan berpengaruh dalam membantu perkembangan teknologi-teknologi tersebut.

2.)    Jelaskan peranan IT dalam berbagai bidang pekerjaan beserta penerapannya(minimal 5 bidang)!


Jawaban :


Dalam bidang pendidikan, dibidang ini IT berfungsi sebagai penyimpan, pengolah, sekaligus penyedia informasi. IT berperan penting didalam sistem pembelajaran jarak jauh, dimana IT berperan dalam sistem penyimpanan dan pengolahan informasinya . Contoh penerapannya ialah IT berperan sebagai sarana penyimpan, penyedia dan  pengolah informasi tentang data-data profil  dan akademik mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi yang dikenal dengan Sistem Informasi Mahasiswa dan Akademik (SIMAK).

Dalam bidang akuntansi, IT juga berperan sebagai pengolah dan penyedia informasi data-data akuntansi yang berisi tentang laporan keuangan. IT juga berperan dalam proses audit. Suatu proses pemeriksaan terhadap keuangan. Penerapannya, yaitu dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan tempat semua laporan-laporan keuangan disimpan, diolah, dan disuplai.

Dalam bidang bisnis/perdagangan, IT berperan dalam sistem perdagangan elektronik atau bisa juga disebut dengan E-Commerce atau E-Dagang. E-Commerce atau E-Dagang adalah suatu sistem perdagangan dengan menggunakan jaringan komunikasi internet, dimana penjualan, pembelian, dan pemasaran barang atau jasa semuanya menggunakan media jaringan komputer. Penerapannya, yaitu pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing) , pertukaran data elektronik (electronic data interchange), transfer dana secara elektronik, dan lain sebagainya.

Dalam bidang perbankan, IT berperan dalam proses penarikan uang, transfer uang dan pengecekan saldo secara online. Contoh, penerapannya ialah seseorang dapat menarik uang kapanpun dan dimanapun dia berada dengan ATM atau seorang dapat melakukan pengecekan saldo dan mentransfer uang ke rekening lain dengan waktu yang singkat saja.
Dalam bidang

  

3.)    Jelaskan alasan dan tujuan dibutuhkannya IT(minimal 3)!


Jawaban :


Alasannya, yaitu akibat pengaruh globalisasi, dimana perkembangan zaman yang semakin pesat dan kompetitif yang tidak lagi mempersoalkan jarak dan waktu, maka informasi merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung hal tersebut. Dengan adanya IT, maka akan dapat berperan dalam menyuplai dan mengolah informasi tersebut.

Yang kedua, yaitu akibat tekanan persaingan bisnis, dengan adanya tekanan tersebut, maka perlu suatu alat yang dapat membantu dalam suatu persaingan bisnis yang sangat kompetitif tersebut, yaitu teknologi IT yang berfungsi dalam penyediaan informasi. Dengan penyediaan informasi yang cepat dan akurat, maka akan membantu untuk memudahkan pekerjaan  dalam berbagai bidang di suatu dunia usaha yang juga dapat meningkatkan kinerja dunia usaha tersebut dalam suatu persaingan bisnis.

Yang ketiga ialah perlunya response time yang cepat, maka IT sangat dibutuhkan untuk menunjang hal tersebut dengan berperan dalam menyuplai informasi secara cepat. Dengan demikian, maka setiap pekerjaan dalam berbagai bidang akan dapat diselesaikan dengan lebih efisien, sekaligus menghindari dari lama menyelesaikan pekerjaan dan menanggapi masalah-masalah.



4.)    Jelaskan mengapa IT diperlukan sebagai alat bantu dalam sistem pengambilan keputusan!


Jawaban :


 IT ialah teknologi yang berguna untuk menyimpan, mengolah, menyediakan, serta mentransmisikan informasi. Dengan informasi-informasi tersebut, maka akan diolah kembali oleh suatu pihak yang berwenang dalam suatu perusahaan atau organisasi. Yang nantinya akan dijadikan suatu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berguna untuk mengelola suatu perusahaan atau organisasi tersebut. Dengan demikian, IT berperan penting sebagai alat bantu dalam sistem pengambilan keputusan, karena dapat menyediakan informasi-informasi sesuai yang dibutuhkan.


5.)    Jelaskan dampak positif dan negatif penggunaan komputer!

Jawaban :

Dampak positif penggunaan komputer, yaitu :
 Untuk memudahkan pekerjaan, misalnya  membuat data-data yang biasanya dikerjakan secara manual, lama dan hati-hati dapat dibantu dengan menggunakan komputer sehingga lebih mudah, hemat waktu dan tepat.

Sebagai media pembelajaran, dengan adanya komputer, dimana terdapat internet didalamnya yang menyediakan program pendidikan dengan cara belajar dan tampilan yang menarik, maka akan membuat seseorang atau pelajar lebih tertarik untuk belajar,  juga akan membuat proses belajar mengajar seseorang atau pelajar menjadi lebih menyenangkan.

Sebagai alat komunikasi, dengan penggunaan komputer yang dilengkapi dengan adanya internet yang didalamnya terdapat situs jejaring sosial yang digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi\chatting antarsesama pengguna jejaring sosial. Dengan begitu, komputer dapat membuat seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain kapanpun dan dimanapun.

Sebagai media hiburan, dengan memutar musik atau bermain games yang terdapat dalam komputer dapat membuat seseorang menjadi terhibur setelah letih bekerja atau belajar.
Sebagai penyedia informasi , komputer berguna untuk penyedia informasi melalui internet.  Internet merupakan sarana informasi terlengkap, karena informasi-informasi dari seluruh penjuru dunia terdapat didalamnya yang dapat diakses dengan mudah. 

Dampak  negatif penggunaan komputer, yaitu :
Berpengaruh buruk terhadap tubuh karena merusak organ tubuh, khususnya gangguan pada mata, karena jika terlalu lama di depan komputer, maka kita akan terkena radiasi dari layar komputer secara terus-menerus. Dan juga dapat menyebabkan gangguan mental.
Menguras waktu, karena asyik main game dan chatting sampai lupa waktu, sehingga meninggalkan pekerjaan-pekerjaan lain yang lebih bermanfaat.

Pengaruh negatif, khususnya melalui internet. Didalamnya terdapat banyak informasi tentang kekerasan dan pornografi, yang dapat diakses secara terbuka dan tanpa penghalang.
Membuat seseorang menjadi malas, khususnya para pelajar, karena kebanyakan menghabiskan waktu di depan komputer, sehingga malas membaca buku dan menulis, akibatnya prestasi belajarnya menurun.

 





Disqus Comments