Selasa, 13 Desember 2016

Perancangan DFD Use Case Sistem Pergudangan


Halo sobat caratipsahoi, kali ini saya ingin berbagi cerita bagaimana sih contoh dari DFD sistem pergudangan, bingungkan ??.

 Nah kali ini saya hanya ingin menjelaskan alurnya saja ya,  bukan cara pembuatannya. Tapi sebelumnya sebagai informasi, DFD ini dibuat menggunakan Ms. Visio 2007, cara penggunaanya cukup muda, teman-teman bisa melihat contoh gambar saya, lalu lihat di Ms. Visio bagan apa yang sesuai dengan DFD saya.

Langsung saja buka visionya lalu pilih
File ----  New ------ Flowchart ----- Data Flow Diagram (Metric)
Nah setelah itu, maka akan muncul lembar kerjanya, silahkan dikerjakan.

Nah sebelum kita masuk dalam penggambaran DFD nya, pertama kali saya ingin menjelaskan alur dari sistem gudang yang akan kita bangun ya.

Pertama, sistem gudang ini bertujuan untuk menggantikan sistem manual di perusahaan.
Adapun proses yang diusulkan adalah, sistem ini mampu untuk mencatat barang masuk, mencatat barang keluar, menghitung biaya pembelian barang, dan memberikan notifikasi stock minimum dari barang.
Nah untuk lebih jelasnya dapat dilihat di usecase berikut ini,  ini dibuat menggunakan visio paradigm ya.

Use Case Sistem Pergudangan

Nah setelah dilihat dari usecase diatas, didapati bahwa stakeholder dari sistem tersebut hanyalah kasir seorang. Adapun hubungan kasir dengan pemilik perusahaan hanya offline, alias kasir hanya memberikan laporan print out kepada pemilik perusahaan. Sehingga pemilik perusahaan tidak langsung mengakses sistem pergudangan ini.

Kemudian hubungan antara karyawan dengan kasir juga hanya offline, alias karyawan tidak punya hak akses kepada sistem ini.

Sampai disini diharapkan mengerti ya.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kasir lah satu-satunya yang mempunyai hak veto terhadap sistem tersebut.

Kemudian setelah kita dapatkan actor dari sistem ini, maka apa saja yang bisa dilakukan oleh kasir.

Dari use case tersebut, hal yang dapat dilakukan kasir adalah
1.verifikasi pengguna
2. pengolahan data karyawan
3. pengolahan data distributor
4. Pengolahan barang masuk
5. pengolahan barang keluar
6. Notifikasi stock minimum ( ini yang dapat dilakukan oleh sistem).
    Nah untuk itu, dari usecase yang kita bangun didapatkan gambaran dfd sebagai berikut ini.

DFD LEVEL 0

Ini merupakan DFD level 0, dimana DFD level 0 menggambarkan keseluruhan sistem secara umum,
DFD Level 0 Siste Pergudangan

Nah perlu diketahui bahwa kasir mengambil stakeholder dari keseluruhan sistem ini. Sehingga karyawan dan pemilik perusahaan tidak igambarkan di DFD ini.
Nah adapun tanda panah yang menuju ke sistem menggambarkan apa saja yang bisa diperbuat oleh kasir untuk sistem, sedangkan tanda panah yang  mengarah kepada kasir menunjukkan hal yang bisa ditampilkan oleh sistem ke kasir.
Terdapat perbedaan yang bisa diinputkan oleh kasir dengan yang dikeluarkan oleh sistem yaitu pada “Notifikasi Stock Minimum”, nah pada tanda itu hanya sistem yang bis memberikan informasi kepada kasir, bukan kasir yang menginputkannya, karena notifikasi stock minimum itu didapat dari akumulasi dari barang masuk dan barang keluar

DFD LEVEL 1

Dfd level 1 didapat dari penjabaran DFDlevel 0, sehingga tanpa DFD 0 maka tidak aka nada DFD 1 ya. Adapaun hasilnya sebagai berikut ini

DFD level 1 Sistem Pergudangan


Nah ada beberapa yang ingin saya jelaskan disini, pertama tanda yang terdapat di sebelah kana seperti pengguna, karyawan, distributor itu termasuk ke dalam database atau entity alias table.
Nah stakeholder dari sistem juga hanya satu yaitu kasir, kemudian adapun prosesnya yaitu
Datamaster, yang mencakup info pengguna, info karyawan, info distributor.
Kemudian barang masuk, barang keluar, dan laporan.
Laporan ini akan menghasilkan laporan barang masuk, laporan barang keluar, notifikasi stock minimu, dan laporan biaya pembelian.
Mungkin lebih jelasnya dilihat pada gambar.

DFD LEVEL 2 

DFD Level 2 Sistem Pergudangan


DFD level2 merupakan tingkatan tertinggi pada sistem yang dibangun, untuk itu DFD level 2 menjabarkan apa yang dimaksud dengan data master paa DFD level 1


Nah sehingg simbo 1. Data master akan dijabarkan menjadi 1.1 pengolahan pengguna, 1.2 pengolahan karyawan, dan 1.3 pengolahan distributor

Mungkin cukup sekian dan terimakasih. Klo ada pertanyaan di comment aja, klo suka ya di like, klo bangga ya di share, hahaha

Disqus Comments