Selasa, 13 Desember 2016

Menggamabar Blender Objek 2 Dimensi dengan Java & netbeans


Halo Sahabat caratipsahoi, kali ini kita akan belajar codingan sedikit ya, cumak sedikit, tinggal di run aje, kali ini kita akan membuat sebuah blender ok.

ajaibnya menggamabr blender kali ini menggunakan kodingan lhoh mau tau caranya ini dia kodingannya ya, tapi pakai netbeans.



Baca Juga

1. Menggambar Blender Dengan Java Netbeans

2. Menggambar Pemandangan Nuansa Alama Dengan Java Netbeans

3. Menggambar Pemandangan Salju Dengan Java Netbeans

4. menggambar Awan Dengan Java Netbeans

5. Menggambar Colokan Listrik Dengan Java Netbeans



/**
 *
 * @author caratipsahoi
 */

import java.awt.*; // mengimport library awt
import javax.swing.*;// mengimport library swing
import java.awt.geom.*;//mengimport library geom

public class Blender extends JApplet{ // menginisialisasikan class blender
   
public static void main(String[] args) { // main method
JFrame frame = new JFrame();//membuat_frame
frame.setTitle("Blender");//untuk_menulis_nama
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);//untuk_menutup_frame_java.
JApplet applet = new Blender();// menginisialisasi applet
applet.init(); // memulai fungsi applet dengan method init
frame.getContentPane().add(applet);// membuat frame agar bisa digambar
frame.pack(); // memaketkan frame
frame.setVisible(true);//agar_tampil
frame.setResizable(false);//agar_ukurannya_tidak_berubah
}
    //pemberian warna pada background
    public void init() { // method init
        JPanel panel = new Panel2D(); // membuat objek
        getContentPane().add(panel); // memanggil panel
        }
        }
        class Panel2D extends JPanel{ // membuat class panel2d
        public Panel2D() { // membuat mehodnya
          
           setPreferredSize(new Dimension(500, 400));//untuk_ukuran_fram
           setBackground (new Color (255, 255, 255));//untuk_warna_background (R, G, B)
       
        }
       
        public void paintComponent(Graphics g) { //mehotd paintcomponent
            super.paintComponent(g); // membuat ini sebagai super biar bisa diakses
            Graphics2D g2 = (Graphics2D)g; // memanggil objek
               
               
           // untuk mewarnai alas blender    
        g.setColor(new Color (120, 117, 71)); // menyetting warna alas blender (warna brown)
    g.fillRect(0, 250, 1100, 870); // mengisikan warna pada bidang alas blender
       
        //algoritma_untuk_gambar
       
                //unyuk_mrmbust_corong_pada_blender
            Shape s0 = new Ellipse2D.Double(175, 33, 175, 30);// membentuk corongnya
            g2.setPaint(new Color (244, 244, 244)); // memberi warnanya (warna hampir putih)
            g2.fill(s0);//mengisikan warna
               
            BasicStroke garis0 = new BasicStroke(2.0f);//membanggil objek
            g2.setStroke(garis0);//menyetting objek
               
        
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100));//memberi warna
            g2.draw(s0); // menggambarkannya
               
            Shape s1 = new Ellipse2D.Double(170, 10, 150, 75); /// membentuk
            g2.setPaint(new Color (50, 50, 50));//=======warna tutup
               
                //garis lingkaran penutup
            g2.fill(s1); // membuat bentuk penutupnya
            BasicStroke garis1 = new BasicStroke(2.0f); // memanggil objek
            g2.setStroke(garis1); // menyetting objek
            g2.setPaint(new Color (0, 0, 0)); // memberi warna putih
            g2.draw(s1); //menggambarkan bentuknya

                //bundelan penutup
            Shape s5 = new Rectangle2D.Double(223, 25, 50, 15);// membentuk persegi penutup
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100));//memberi warnanya
            g2.fill(s5); // mengisikan warna
            BasicStroke garis5 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garis5); // menyesuaikan objek
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); // memberikan warnanya
            g2.draw(s5); // menggambarkannya
           
               
                //bagian cover mesin
            Shape s11 = new Ellipse2D.Double(185, 190, 120, 90); // membentuk bagian cover mesin
            g2.setPaint(Color.red);//memberi warna merh
            g2.fill(s11); // mengisikan warna
            BasicStroke garis11 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garis11); // memanggil objek
            g2.setPaint(Color.red); // memberi warna merah
            g2.draw(s11); // menggambarkannya
               
                //bagian bundelan tutup
            Shape s3 = new Ellipse2D.Double(223, 30, 50, 25); // membentuk bundelanpenutup
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); // memberikan warna
            g2.fill(s3); // menggambarkan warna
            BasicStroke garis3 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garis3); // memanggil objek
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); // memberikan warna
            g2.draw(s3); // menggambarkannya
           
                //bagian bundelan tutup
            Shape s4 = new Ellipse2D.Double(223, 15, 50, 25);// membentuk bundelanpenutup
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100));//memberikan warnanya
            g2.fill(s4); // menggmbarkan warna
            BasicStroke garis4 = new BasicStroke(2.0f); // membuat tobjek
            g2.setStroke(garis4); // memanggil objek
            g2.setPaint(new Color (150, 150, 150)); // memberikan warna
            g2.draw(s4); // menggamberkannya
               
           
            //elips bawah mesin
            Shape s6 = new Ellipse2D.Double(190, 170, 110, 60); // membuat cover mesin bawah
            g2.setPaint(Color.white);//dasarnya putihya
            g2.fill(s6);//mengisikan warnanya
            BasicStroke garis6 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garis6);//menyetting objek
            g2.setPaint(Color.black);//garis dasar
            g2.draw(s6); // menggamberkannya
           
            Shape s7 = new Ellipse2D.Double(217, 193, 60, 15); // membuat bentuk baling-baling
            g2.setPaint(new Color (200, 200, 200)); // warna baling-baling
            g2.fill(s7); // mewarnainya
            BasicStroke garis7 = new BasicStroke(2.0f); // memanggil objeknya
            g2.setStroke(garis7);// memanggil objeknya
            g2.setPaint(new Color (220, 220, 220)); // garis pinggir baling-baling
            g2.draw(s7); // menggambarkannya
           
            Shape s8 = new Ellipse2D.Double(240, 195, 10, 10);// membuat bentuk ellips di bawahnya
            g2.setPaint(Color.black); // menyetting warna hitam
            g2.fill(s8); // mewarnainya
            BasicStroke garis8 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objeknya
            g2.setStroke(garis8); // memanggil objeknya
            g2.setPaint(Color.black); // menyetting warnanya
            g2.draw(s8); // menggambarkannya
               
            //garis kaca
               
                g2.setColor(new Color (100, 100, 100)); // membuat garis kaca
            g2.drawLine(190,205, 170, 50); // mewarnai garisnya
             
            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(215, 225, 200, 78);// mewarnai garisnya

            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(280, 224, 290, 78);// mewarnai garisnya

            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(247,230, 247, 85);// mewarnai garisnya

            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(230,173, 225, 85);// mewarnai garisnya

            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(265,173, 270, 85);// mewarnai garisnya

            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(300,205, 320, 50);// mewarnai garisnya

            g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
            g2.drawLine(315,90, 350, 50);// mewarnai garisnya
               
               
               
           
            //tangkai
            BasicStroke bs = new BasicStroke(8.0f);// membuat objek tangkai
            g2.setStroke(bs);// memanggil objrk
            g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); //memberikan warnanya
              
            g2.draw(new Arc2D.Double(130,50,100,150,95,183, Arc2D.OPEN));// menggambarkannya
           
            BasicStroke bg = new BasicStroke(2.0f);//membuat objek
            g2.setStroke(bg);// memanggil objek
            g2.setPaint(Color.black); //menyetting objek
            g2.draw(new Arc2D.Double(125,49,100,155,95,190, Arc2D.OPEN)); // memanggil obek
            g2.draw(new Arc2D.Double(135,53,100,143,105,170, Arc2D.OPEN));//memanggil objek
           
            //mesin

            Shape s9 = new Ellipse2D.Double(170, 240, 150, 75); // membuat bentuk mesin
            g2.setPaint(Color.black); // memberi warna
            g2.fill(s9); // mengisikan warna
            BasicStroke garis9 = new BasicStroke(2.0f); // membuat obejak
            g2.setStroke(garis9); // menyetting objek
            g2.setPaint(Color.black); // menyetting color
            g2.draw(s9); //menggambarkannya

            Shape s10 = new Ellipse2D.Double(173, 235, 145, 75);// membuat bentuk mesin
            g2.setPaint(Color.red);// memberi warna
            g2.fill(s10);// menggambarkannya
            BasicStroke garis10 = new BasicStroke(2.0f);
            g2.setStroke(garis10);// menyetting objek
            g2.setPaint(Color.red);// memberi warna
            g2.draw(s10);// menggambarkannya
           
            BasicStroke bc = new BasicStroke(2.0f);// membuat bentuk mesin
            g2.setStroke(bc);// menyetting objek
            g2.setColor(Color.black);// memberi warna
            g2.drawLine(190, 200, 170, 280);// menggambarkannya
           
            g2.setStroke(bc);// menyetting objek
            g2.setColor(Color.black );// memberi warna
            g2.drawLine(300, 200, 320, 280);// menggambarkan garis
           
            BasicStroke bd = new BasicStroke(4.0f);// membuat bentuk mesin
            g2.setStroke(bd);// menyetting objek
            g2.setColor(Color.red );// memberi warna
            g2.drawLine(191, 210, 174, 280);// menggambarkan garis
           
            g2.setStroke(bd);// menyetting objek
            g2.setColor(Color.red );// memberi warna
            g2.drawLine(299, 210, 316, 280);// menggambarkan garis
           
            g2.setStroke(bd);// menyetting objek
            g2.setColor(Color.red );// memberi warna
            g2.drawLine(195, 212, 175, 280);// menggambarkan garis

            g2.setStroke(bd);// menyetting objek
            g2.setColor(Color.red );// memberi warna
            g2.drawLine(297, 213, 312, 280);// memberi warna

            //tombol
            Shape t1 = new Ellipse2D.Double(210, 250, 10, 10); // membuat tombol
            g2.setPaint(Color.blue); // warna biru
            g2.fill(t1);// mewarnainya
            BasicStroke garist1 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garist1); // memanggil objek
            g2.setPaint(Color.black); // garis pinggi tompol hitam
            g2.draw(t1);//mengaplikasikannya
           
            Shape t2 = new Ellipse2D.Double(270, 250, 10, 10);// membuat tombol
            g2.setPaint(Color.green);// warna hijau
            g2.fill(t2);//mewarnainya
            BasicStroke garist2 = new BasicStroke(2.0f);// membuat objek
            g2.setStroke(garist2); // membuat garis
            g2.setPaint(Color.black);// warna hitam
            g2.draw(t2); // mewarnainya
           
            Shape t3 = new Ellipse2D.Double(225, 253, 10, 10);// membuat tombol
            g2.setPaint(Color.red);// warna merah
            g2.fill(t3);// mewarnainya
            BasicStroke garist3 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garist3); // membuat garisnya
            g2.setPaint(Color.black);// warna hitam
            g2.draw(t3);// mewarnainya

            Shape t4 = new Ellipse2D.Double(255, 253, 10, 10);// membuat tombol
            g2.setPaint(Color.yellow); // warna kuning
            g2.fill(t4);// mewarnainya
            BasicStroke garist4 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garist4);//membuat garis
            g2.setPaint(Color.black);//mewarnai garis
            g2.draw(t4);// mewarnainya
           
            Shape t5 = new Ellipse2D.Double(240, 255, 10, 10);// membuat tombol
            g2.setPaint(Color.gray); // membuat warna abu-abu
            g2.fill(t5);// mewarnainya
            BasicStroke garist5 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
            g2.setStroke(garist5);//membuat garis pinggir
            g2.setPaint(Color.black); //warna hitam
            g2.draw(t5);// mewarnainya
           
              // ini code untuk tulisan di gambar nya                
            Font font = new Font("Time new roman", Font.BOLD, 20); // menyeting ggambarnya   
                        g2.setFont(font); // mengaplikasian settingan
                        g2.drawString("Blender", 215, 350); // menmberikan juduk gambar
                       
            Font font2 = new Font("Time new roman", Font.BOLD, 10); // menyetting ukuran font2      
                        g2.setFont(font2); // menyetting font2
                        g2.drawString("MIYAKO", 230, 240); // memberikan merk blender
                     

        }
}


nah setelah codingan tersebut di copy lalu di run, maka akan menghasilkan seperti berikut ini. mudah bukan

Gamabar Blender





Disqus Comments