Halo Sahabat caratipsahoi, kali ini kita akan belajar codingan sedikit ya, cumak sedikit, tinggal di run aje, kali ini kita akan membuat sebuah blender ok.
ajaibnya menggamabr blender kali ini menggunakan kodingan lhoh mau tau caranya ini dia kodingannya ya, tapi pakai netbeans.
Baca Juga
1. Menggambar Blender Dengan Java Netbeans
2. Menggambar Pemandangan Nuansa Alama Dengan Java Netbeans
3. Menggambar Pemandangan Salju Dengan Java Netbeans
4. menggambar Awan Dengan Java Netbeans
5. Menggambar Colokan Listrik Dengan Java Netbeans
/**
*
* @author caratipsahoi
*/
import java.awt.*; // mengimport library awt
import javax.swing.*;// mengimport library swing
import java.awt.geom.*;//mengimport library geom
public class Blender extends JApplet{ // menginisialisasikan class blender
public static void main(String[] args) { // main method
JFrame frame = new JFrame();//membuat_frame
frame.setTitle("Blender");//untuk_menulis_nama
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);//untuk_menutup_frame_java.
JApplet applet = new Blender();// menginisialisasi applet
applet.init(); // memulai fungsi applet dengan method init
frame.getContentPane().add(applet);// membuat frame agar bisa digambar
frame.pack(); // memaketkan frame
frame.setVisible(true);//agar_tampil
frame.setResizable(false);//agar_ukurannya_tidak_berubah
}
//pemberian warna pada background
public void init() { // method init
JPanel panel = new Panel2D(); // membuat objek
getContentPane().add(panel); // memanggil panel
}
}
class Panel2D extends JPanel{ // membuat class panel2d
public Panel2D() { // membuat mehodnya
setPreferredSize(new Dimension(500, 400));//untuk_ukuran_fram
setBackground (new Color (255, 255, 255));//untuk_warna_background (R, G, B)
}
public void paintComponent(Graphics g) { //mehotd paintcomponent
super.paintComponent(g); // membuat ini sebagai super biar bisa diakses
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g; // memanggil objek
// untuk mewarnai alas blender
g.setColor(new Color (120, 117, 71)); // menyetting warna alas blender (warna brown)
g.fillRect(0, 250, 1100, 870); // mengisikan warna pada bidang alas blender
//algoritma_untuk_gambar
//unyuk_mrmbust_corong_pada_blender
Shape s0 = new Ellipse2D.Double(175, 33, 175, 30);// membentuk corongnya
g2.setPaint(new Color (244, 244, 244)); // memberi warnanya (warna hampir putih)
g2.fill(s0);//mengisikan warna
BasicStroke garis0 = new BasicStroke(2.0f);//membanggil objek
g2.setStroke(garis0);//menyetting objek
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100));//memberi warna
g2.draw(s0); // menggambarkannya
Shape s1 = new Ellipse2D.Double(170, 10, 150, 75); /// membentuk
g2.setPaint(new Color (50, 50, 50));//=======warna tutup
//garis lingkaran penutup
g2.fill(s1); // membuat bentuk penutupnya
BasicStroke garis1 = new BasicStroke(2.0f); // memanggil objek
g2.setStroke(garis1); // menyetting objek
g2.setPaint(new Color (0, 0, 0)); // memberi warna putih
g2.draw(s1); //menggambarkan bentuknya
//bundelan penutup
Shape s5 = new Rectangle2D.Double(223, 25, 50, 15);// membentuk persegi penutup
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100));//memberi warnanya
g2.fill(s5); // mengisikan warna
BasicStroke garis5 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garis5); // menyesuaikan objek
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); // memberikan warnanya
g2.draw(s5); // menggambarkannya
//bagian cover mesin
Shape s11 = new Ellipse2D.Double(185, 190, 120, 90); // membentuk bagian cover mesin
g2.setPaint(Color.red);//memberi warna merh
g2.fill(s11); // mengisikan warna
BasicStroke garis11 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garis11); // memanggil objek
g2.setPaint(Color.red); // memberi warna merah
g2.draw(s11); // menggambarkannya
//bagian bundelan tutup
Shape s3 = new Ellipse2D.Double(223, 30, 50, 25); // membentuk bundelanpenutup
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); // memberikan warna
g2.fill(s3); // menggambarkan warna
BasicStroke garis3 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garis3); // memanggil objek
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); // memberikan warna
g2.draw(s3); // menggambarkannya
//bagian bundelan tutup
Shape s4 = new Ellipse2D.Double(223, 15, 50, 25);// membentuk bundelanpenutup
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100));//memberikan warnanya
g2.fill(s4); // menggmbarkan warna
BasicStroke garis4 = new BasicStroke(2.0f); // membuat tobjek
g2.setStroke(garis4); // memanggil objek
g2.setPaint(new Color (150, 150, 150)); // memberikan warna
g2.draw(s4); // menggamberkannya
//elips bawah mesin
Shape s6 = new Ellipse2D.Double(190, 170, 110, 60); // membuat cover mesin bawah
g2.setPaint(Color.white);//dasarnya putihya
g2.fill(s6);//mengisikan warnanya
BasicStroke garis6 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garis6);//menyetting objek
g2.setPaint(Color.black);//garis dasar
g2.draw(s6); // menggamberkannya
Shape s7 = new Ellipse2D.Double(217, 193, 60, 15); // membuat bentuk baling-baling
g2.setPaint(new Color (200, 200, 200)); // warna baling-baling
g2.fill(s7); // mewarnainya
BasicStroke garis7 = new BasicStroke(2.0f); // memanggil objeknya
g2.setStroke(garis7);// memanggil objeknya
g2.setPaint(new Color (220, 220, 220)); // garis pinggir baling-baling
g2.draw(s7); // menggambarkannya
Shape s8 = new Ellipse2D.Double(240, 195, 10, 10);// membuat bentuk ellips di bawahnya
g2.setPaint(Color.black); // menyetting warna hitam
g2.fill(s8); // mewarnainya
BasicStroke garis8 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objeknya
g2.setStroke(garis8); // memanggil objeknya
g2.setPaint(Color.black); // menyetting warnanya
g2.draw(s8); // menggambarkannya
//garis kaca
g2.setColor(new Color (100, 100, 100)); // membuat garis kaca
g2.drawLine(190,205, 170, 50); // mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(215, 225, 200, 78);// mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(280, 224, 290, 78);// mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(247,230, 247, 85);// mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(230,173, 225, 85);// mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(265,173, 270, 85);// mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(300,205, 320, 50);// mewarnai garisnya
g2.setColor(new Color (100, 100, 100));// membuat garis kaca
g2.drawLine(315,90, 350, 50);// mewarnai garisnya
//tangkai
BasicStroke bs = new BasicStroke(8.0f);// membuat objek tangkai
g2.setStroke(bs);// memanggil objrk
g2.setPaint(new Color (100, 100, 100)); //memberikan warnanya
g2.draw(new Arc2D.Double(130,50,100,150,95,183, Arc2D.OPEN));// menggambarkannya
BasicStroke bg = new BasicStroke(2.0f);//membuat objek
g2.setStroke(bg);// memanggil objek
g2.setPaint(Color.black); //menyetting objek
g2.draw(new Arc2D.Double(125,49,100,155,95,190, Arc2D.OPEN)); // memanggil obek
g2.draw(new Arc2D.Double(135,53,100,143,105,170, Arc2D.OPEN));//memanggil objek
//mesin
Shape s9 = new Ellipse2D.Double(170, 240, 150, 75); // membuat bentuk mesin
g2.setPaint(Color.black); // memberi warna
g2.fill(s9); // mengisikan warna
BasicStroke garis9 = new BasicStroke(2.0f); // membuat obejak
g2.setStroke(garis9); // menyetting objek
g2.setPaint(Color.black); // menyetting color
g2.draw(s9); //menggambarkannya
Shape s10 = new Ellipse2D.Double(173, 235, 145, 75);// membuat bentuk mesin
g2.setPaint(Color.red);// memberi warna
g2.fill(s10);// menggambarkannya
BasicStroke garis10 = new BasicStroke(2.0f);
g2.setStroke(garis10);// menyetting objek
g2.setPaint(Color.red);// memberi warna
g2.draw(s10);// menggambarkannya
BasicStroke bc = new BasicStroke(2.0f);// membuat bentuk mesin
g2.setStroke(bc);// menyetting objek
g2.setColor(Color.black);// memberi warna
g2.drawLine(190, 200, 170, 280);// menggambarkannya
g2.setStroke(bc);// menyetting objek
g2.setColor(Color.black );// memberi warna
g2.drawLine(300, 200, 320, 280);// menggambarkan garis
BasicStroke bd = new BasicStroke(4.0f);// membuat bentuk mesin
g2.setStroke(bd);// menyetting objek
g2.setColor(Color.red );// memberi warna
g2.drawLine(191, 210, 174, 280);// menggambarkan garis
g2.setStroke(bd);// menyetting objek
g2.setColor(Color.red );// memberi warna
g2.drawLine(299, 210, 316, 280);// menggambarkan garis
g2.setStroke(bd);// menyetting objek
g2.setColor(Color.red );// memberi warna
g2.drawLine(195, 212, 175, 280);// menggambarkan garis
g2.setStroke(bd);// menyetting objek
g2.setColor(Color.red );// memberi warna
g2.drawLine(297, 213, 312, 280);// memberi warna
//tombol
Shape t1 = new Ellipse2D.Double(210, 250, 10, 10); // membuat tombol
g2.setPaint(Color.blue); // warna biru
g2.fill(t1);// mewarnainya
BasicStroke garist1 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garist1); // memanggil objek
g2.setPaint(Color.black); // garis pinggi tompol hitam
g2.draw(t1);//mengaplikasikannya
Shape t2 = new Ellipse2D.Double(270, 250, 10, 10);// membuat tombol
g2.setPaint(Color.green);// warna hijau
g2.fill(t2);//mewarnainya
BasicStroke garist2 = new BasicStroke(2.0f);// membuat objek
g2.setStroke(garist2); // membuat garis
g2.setPaint(Color.black);// warna hitam
g2.draw(t2); // mewarnainya
Shape t3 = new Ellipse2D.Double(225, 253, 10, 10);// membuat tombol
g2.setPaint(Color.red);// warna merah
g2.fill(t3);// mewarnainya
BasicStroke garist3 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garist3); // membuat garisnya
g2.setPaint(Color.black);// warna hitam
g2.draw(t3);// mewarnainya
Shape t4 = new Ellipse2D.Double(255, 253, 10, 10);// membuat tombol
g2.setPaint(Color.yellow); // warna kuning
g2.fill(t4);// mewarnainya
BasicStroke garist4 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garist4);//membuat garis
g2.setPaint(Color.black);//mewarnai garis
g2.draw(t4);// mewarnainya
Shape t5 = new Ellipse2D.Double(240, 255, 10, 10);// membuat tombol
g2.setPaint(Color.gray); // membuat warna abu-abu
g2.fill(t5);// mewarnainya
BasicStroke garist5 = new BasicStroke(2.0f); // membuat objek
g2.setStroke(garist5);//membuat garis pinggir
g2.setPaint(Color.black); //warna hitam
g2.draw(t5);// mewarnainya
// ini code untuk tulisan di gambar nya
Font font = new Font("Time new roman", Font.BOLD, 20); // menyeting ggambarnya
g2.setFont(font); // mengaplikasian settingan
g2.drawString("Blender", 215, 350); // menmberikan juduk gambar
Font font2 = new Font("Time new roman", Font.BOLD, 10); // menyetting ukuran font2
g2.setFont(font2); // menyetting font2
g2.drawString("MIYAKO", 230, 240); // memberikan merk blender
}
}
nah setelah codingan tersebut di copy lalu di run, maka akan menghasilkan seperti berikut ini. mudah bukan
Gamabar Blender |