Halo Semua kembali lagi dengan
caratips ahoi, disini kami akan menyediakan cara terbaik untuk anda agar dapat
mencari kata kunci , artikel ini akan memberikan kepada anda pilihan untuk
riset keyword atau kata kunci yang bagus.
Tak peduli itu adalah SEO atau iklan
PPC, bisnis pada bidang marketing yang terkait search engine harus dimulai
dengan pelacakan/penelitian kata kunci/keyword. Riset keyword seperti ini
adalah bagian yang paling penting dan dasar dari semua upaya pemasaran dalam
mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM).
Ini tidak hanya memberikan
para pemasar cara baru untuk memahami pemikiran pelanggan, tapi juga melacak
konsumen potensial dan produk/layanan apa yang sedang mereka cari.
Meskipun pelacakan kata kunci sangat
berperan dalam dunia SEO dan PPC, tetap saja ada perbedaan di antara keduanya.
Dengan PPC, Anda seperti menawarkan sejumla kata kunci dan membayarnya setiap
kali seseorang mengklik iklan Anda. Posisi iklan Anda di hasil pencarian
ditentukan oleh biaya per-klik dikalikan dengan skor kualitas (quality score),
yang sebagian terdiri atas kualitas iklan yang Anda pasang, kata kunci, dan
arahan ke laman situs Anda. Jika kata kunci Anda cukup relevan dengan situs
Anda dan apa yang Anda iklankan, maka, semakin sedikit juga biaya yang harus
Anda keluarkan untuk membayar per-klik.
Tidak seperti SEO, yang terkadang
mengurutkan peringkat untuk kata kunci tertentu tiap bulannya, lewat PPC, para
pengiklan dapat meningkatkan posisi iklan berbayar mereka dengan meningkatkan
bids-nya dan skor kualitasnya (quality score).
Jika Anda tidak ingin
membuang-buang uang Anda bagi kata kunci umum yang tidak berdampak pada bisnis
Anda, maka Anda harus memilih kata kunci yang TEPAT untuk promosi/pemasaran
bisnis yang menguntungkan.
Banyak orang yang menghubungkan
riset keyword/kata kunci, dengan ilmu SEO, tapi sesungguhnya, riset keyword
dalam PPC juga tidak boleh terlupakan.
Google menunjukkan bahwa grup iklan PPC
memiliki 10-20 kata kunci yang relevan dan saling terkait, sehingga, fokus pada
kata kunci adalah hal yang penting. Untungnya, ada banyak aplikasi untuk
membantu Anda dalam upaya perencanaan kata kunci yang tepat bagi bisnis Anda,
dan Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.
Berikut adalah beberapa aplikasi
gratis untuk perencanaan kata kunci yang tersedia, dan sangat berguna.
1. Google Keyword Planner
Aplikasi yang paling banyak
digunakan untuk perencanaan kata kunci PPC adalah Google Keyword Planner.
Aplikasi ini memungkinkan pengiklan untuk mencari kata kunci baru dan kata
kunci untuk iklan. Aplikasi Google ini juga menyediakan statistik untuk setiap
kata kunci, termasuk besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya
rata-rata perklik).
Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap
awal yang dapat membantu Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat, jadi ini
bukan satu-satunya aplikasi yang bisa Anda gunakan. Seperti yang dinyatakan
Google, Anda bisa menggunakan perencanaan ini sebagai ‘peletakkan dasar menuju
pemasaran yang sukses’.
Hal ini dapat memberikan arahan dasar dalam organisasi
periklanan dan pemilihan kata kunci yang lebih luas, tapi Anda mungkin akan
melewatkan beberapa keyterms yang bernilai jika Anda hanya mengandalkan
aplikasi ini.
2.
Google Autocomplete
Mulailah dengan mengetik sebuah kata
atau frasa di kotak pencarian Google, dan sejumlah prediksi yang mungkin mirip
dengan kata kunci yang Anda cari, akan muncul.
Konsep autocomplete milik Google
ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering pengguna telah
mencari kata kunci tersebut sebelumnya.
Ini akan membantu ketika Anda sedang
mencari kata kunci yang cukup panjang, dimulai dari kata-kata awal. Ketik
kata/frasa awal Anda ke dalam kotak pencarian,
dan cobalah untuk mengetik tiap
huruf agar bisa melihat seberapa jauh kata kunci tersebut dicari. Juga, coba
untuk mengetik kata kunci dan menempatkan spasi sebelum kata kunci tersebut,
agar bisa melihat variasi-variasi yang kerap muncul.
3.
Ubersuggest
Seperti yang bisa Anda tebak,
Ubersuggest adalah aplikasi penyaran kata kunci (suggestion tool). Aplikasi ini
menunjukkan data dari Google dan mesin pencari lainnya dengan kata kunci
pertama/awal, menambahkan huruf atau angka di kata kunci yang ada, dan
menawarkan saran untuk kata kunci.
Hal ini juga berguna untuk menguji kata
kunci yang panjang dan membantu Anda menemukan kata kunci yang cocok.
Ini juga memperluas daftar kata
kunci Anda dan membantu Anda menghasilkan ide baru untuk kata kunci yang ingin
Anda gunakan.
Mungkin Anda tidak pernah menghabiskan waktu lebih dari satu
menit hanya untuk mencari beberapa ratus saran kata kunci, tapi terkadang, dari
situlah Anda dapat menemukan kata kunci yang mungkin tak Anda pikirkan
sebelumnya.
4.
Keyword Tool
Aplikasi Keyword Tool hampir mirip
dengan Ubersuggest, karena menggunakan konsep Google Autocomplete, tapi,
Keyword Tool lebih unggul selangkah, karena mampu menghasilkan hingga 750 saran
kata kunci bagi Anda.
Keyword Tool bekerja dengan 129 domain di Google, 83
bahasa dan sangat user-friendly. Tak hanya itu, ia juga mampu menyarakan
sejumlah kata untuk frasa/kata-kata sebelum dan sesudah kata kunci yang Anda
inginkan. Tidak ada CAPTCHA atau iklan yang menggangu para pengiklan ketika
tengah meneliti kata kunci secara mendalam.
Dan, bagian terbaik dari aplikasi
ini adalah memudahkan Anda dalam menavigasi. Jika Anda ingin aplikasi sederhana
yang membantu Anda mencari kata kunci panjang, aplikasi ini sangat
direkomendasikan.
5.
WordStrean Free Keyword Toll
Meskipun memiliki fitur yang
terbatas, aplikasi WordSream’s Free Keyword Suggestion lebih andal dalam
memberikan kata kunci yang relevan dan bernilai untuk tema bisnis Anda.
Aplikasi ini menyediakan kata kunci lebih beragam untuk kata kunci yang panjang, dibanding Keyword Planner-nya Google.
Aplikasi ini menyediakan kata kunci lebih beragam untuk kata kunci yang panjang, dibanding Keyword Planner-nya Google.
Dan, semua saran kata kunci yang
ditampilkan aplikasi ini lebih relevan dibanding saran kata kunci dari
aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi.
Aplikasi ini mampu mewakili lebih dari satu triliun permintaan pencarian, dan pengguna bisa menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.
Aplikasi ini mampu mewakili lebih dari satu triliun permintaan pencarian, dan pengguna bisa menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.
Sayangnya, ada beberapa metrik
seperti Google Search Volume and Competition yang hasilnya kurang
tepat/relevan, kecuali jika Anda menggunakan Wordstream versi berbayar.
Wordstream yang tak berbayar juga memiliki aplikasi perencanaan kata kunci termasuk pencari KeyWord Niche, Keyword Grouper dan Negative Keyword Tool, dan lainnya lagi yang dapat membantu menyempurnakan kata kunci yang ingin Anda gunakan.
Wordstream yang tak berbayar juga memiliki aplikasi perencanaan kata kunci termasuk pencari KeyWord Niche, Keyword Grouper dan Negative Keyword Tool, dan lainnya lagi yang dapat membantu menyempurnakan kata kunci yang ingin Anda gunakan.
6.
Keyword Eye (Basic)
Keyword Eye adalah aplikasi kata
kunci visual yang menawarkan ‘gumpalan kata kunci’, dimana ukuran dan warna
yang ditampilkan Keyword Eye, masing-maisng mewakili besarnya pencarian dan
kompetisi. Anda juga bisa melihat saran kata kuncinya dalam tampilan grid dan
mengurutkannya dengan metrik tertentu.
Dengan Keyword Eye versi tak berbayar,
pengguna bisa mendapatkan 20 kata kunci yang dicari dalam sehari, hingga
laporan mengenai 100 kata kunci, dan 25 database kata kunci dari Google.
Berbeda dengan WordStream, di sini Anda dapat melihat Search Volume, PPC
Competition, dan PPC Competitive Score.
Keyword Eye menyediakan data yang cukup
luas dan panjang, namun mudah dicerna, dan merupakan salah satu alternative
untuk menemukan kata kunci yang sesuai.
7.
Keuword Revealer’s Keyword Tool
KeyWord Revealer adalah aplikasi tak
berbayar yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai saran kata kunci yang
relevan serta metrik yang sesuai, seperti Search Volume, CPC, dan Estimated
Profit.
Mirip dengan Keyword Eye, aplikasi ini menunjukkan seberapa sulit kompetisi yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan. .
Mirip dengan Keyword Eye, aplikasi ini menunjukkan seberapa sulit kompetisi yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan. .
Saran kata kunci yang ditawarkan aplikasi ini sangatlah
relevan dan layak untuk dicoba.
Tapi, versi gratisnya hanya
memperbolehkan 3 pencarian perhari, jadi gunakanlah dengan bijaksana.
8.
Adwords Search Terms
Jangan lupa bahwa kata kunci yang
paling bernilai, bisa datang dari kata kunci pencarian yang digunakan
pengunjung sebelum mereka mengklik iklan Anda.
Cara terbaik untuk menelusup isi
kepala mereka adalah berpikir seperti mereka, ketika mereka hendak mencari
layanan jasa/produk.
Bila menggunakan Google Adwords, perhatikan untuk memilih kata kunci yang paling relevan ke grup iklan Anda. Jika kata kunci yang digunakan tidak relevan dengan apa yang Anda iklankan, Google bisa menilainya negatif.
Bila menggunakan Google Adwords, perhatikan untuk memilih kata kunci yang paling relevan ke grup iklan Anda. Jika kata kunci yang digunakan tidak relevan dengan apa yang Anda iklankan, Google bisa menilainya negatif.
Untuk mengakses Search Query Report
di Adwords, buka tab ‘Keywords’, klik ‘Detail’ dan pilih ‘All’.
Ingatlah bahwa perencanaan kata
kunci adalah suatu hal yang bersifat kontinu atau terus-menerus berkembang,
serta memiliki proses yang berkelanjutan.
Jika bisa mendapatkan kata kunci yang ‘tepat’, hal tersebut dapat membawa keuntungan dan kesuksesan dalam pemasaran Anda. Masih ada banyak aplikasi perecanaan kata kunci gratis yang ada, tapi yang telah disebutkan di atas tadi adalah beberapa dari sekian banyak yang sangat berguna untuk PPC.
Jika bisa mendapatkan kata kunci yang ‘tepat’, hal tersebut dapat membawa keuntungan dan kesuksesan dalam pemasaran Anda. Masih ada banyak aplikasi perecanaan kata kunci gratis yang ada, tapi yang telah disebutkan di atas tadi adalah beberapa dari sekian banyak yang sangat berguna untuk PPC.
9, google Trends
Hot searches diupdate tiap jam untuk pengurutan mulai dari yang paling banyak dicari hingga paling sedikit namun topic tersebut masuk dalam 20 besar hot searches. Sedangkan untuk hot topic adalah topik yang paling hangat dan banyak dibahas di dunia internet dan biasanya juga banyak dicari oleh para pengguna internet.
Sayangnya topic Google trends yang tersedia itu adalah topic global alias luar negeri. Jika Anda ingin mencari topic hot dengan pencarian terbanyak untuk lokal dalam negeri harus mencari secara manual dengan menggunakan fitur setting yang disediakan oleh Google Trends.
Untuk kepentingan penggunaan Google Trends local bisa mengacu pada artikel yang sebelumnya dibahas oleh Cosa yaitu memahami Google Trends. Di artikel tersebut, Cosa menjelaskan secara detail bagaimana melakukan pencarian trends berdasarkan region atau Negara bahkan kota dimana suatu topic sedang hangat dibicarakan.
Nah…dari fungsi Google Trends ini bisa dimanfaatkan untuk mencari trafik yang benar – benar ampuh karena Anda bisa mengacu berdasarkan trend yang hot di internet sebagai bahan posting blog Anda
terutama untuk blog yang sudah established yang didukung dengan link popularity bejibun sehingga posting Anda mampu merangsek di jajaran atas hasil pencarian atas topic yang sedang ngetrend.
Teknik ini sangat pas jika Anda padukan dengan program monetisasi seperti Google Adsense untuk konten yang bukan produk dan Amazon untuk konten hot berupa produk.
Saya sendiri pun telah menghasilkan dollar dari Amazon dari penerapan teknik ini. Intinya targetkan kata kunci berdasarkan topic trend tersebut sambil disesuaikan dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna internet saat ini.
Gunakan insting Anda sebagai user internet yang sedang mencari suatu informasi dan jadikan apa yang Anda alami sebagai bahan konten Anda. Lebih jelas lagi bagaimana cara terbaik memanfaatkannya silahkan baca artikel cara memanfaatkan Google Trends oleh mas Tony.
diambil dari berbagai sumber.