Jumat, 25 November 2016

6 Cara Mengaktifkan Wifi di Komputer Laptop Notebook

Wifi adalah sebuah teknologi yang sudah terkenal pada saat ini, dimana dengan wifi kita bisa mengakses internet tanpa menggunakan kabel baik itu kabel telepon ataupun kabel lainnya,


dengan banyak kelebihan wifi tersebut sangat disayangkan ketika kita tidak dapat menikmatinya, untuk itulah disini caratips ahoi berbagi cerita cara mengaktifkan wifi dengan mudah. ini dia caranya


Cara menghidupkan wifi dengan tombol fn


cara menghidupkan wifi di laptop mungkin bagi para blogger malas untuk menulis artikel belajar komputer yang satu ini,


dikarena banyak yang berpikir bahwa setiap pengguna laptop atau komputer sudah tau bagaimana  cara menyalakan wifi di laptop ??


Tapi ternyata masih banyak orang yang mencari tutorial ini jadi buat kamu yang bingung gimana sih cara aktifin wifi notebook atau laptop, silaka sima tutorial lengkapnya di bawah ini .


cara menghidupkan wifi di laptop menggunakan tombol fn :


Degan cara ini anda tidak perlu pusing-pusing lagi, karena cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu hanya 2 tombol saja.


Anda hanya di haruskan menekan tombol FN secara serentak dengan tombol wifi anda bisa lihat dengan jelas, adapun symbol tombol symbol wifi adalah seperti berikut ini, tergantung laptop anda maka tekan secara berlangsungan fn + f12 .





Kemudian cara mematikannya adalah dengan cara tekan fn beserta dengan f12 tadi, maka wifi akan mati.


Cara Menghidupkan Wifi dengan Control panel


1 .Klik Tombol windows di kiri bawah

2. Tekan Kontrol Panel

3. Lalu Dimenu Hardware and sound pilih Adjust Commonly used mobility setings

4. Cari Simbol Wifi dan Turn Wireless On 

5. Cara setting WIFI Laptop -


 Mengapa kita harus mengetahui cara setting wifi laptop? Ya..Setting wifi laptop adalah hal yang penting karena makin merebaknya layanan hotspot.


Internet saat ini bukan lagi hanya sebatas sebagai kebutuhan sekunder. Tapi sebagian pengguna laptop dan komputer, internet sudah merupakan bagian dari kebutuhan primer yang harus terpenuhi.


Untuk itu bagi para pelaku bisnis, mahasiswa, pelajar sampai pada karyawan swasta hingga ibu rumah tanggapun sudah menjadikan internet sebagai salah satu sarana informasi yang harus terpenuhi.


Sehingga laptop sering dibawa pergi kemana-mana, karena laptop merupakan perangkat untuk berinternet yang praktis.


Sementara itu guna melengkapi dan memudahkan para pengguna internet tersebut, saat ini sudah banyak sekali titik hotspot yang tersebar di mana-mana yang menyediakan layanan internet gratis mulai dari kampus, kafe, mall dan sebagainya


Nah untuk memanfaatkannya kita harus men-setting WIFI laptop terlebih dahulu.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara men-setting WIFI di laptop dan PC anda.


1. Periksa komputer/laptop anda apakah driver wireless telah terinstall atau belum.

Cara mengeceknya silahkan klik Menu – Run, kemudia ketik devmgmt.msc.


2. Kalau belum terinstall (biasanya ditandai dengan tanda tanya atau tanda seru) , silahkan install dahulu drivernya


3. Pilih Control Panel - Network Connection, klik dua kali pada pilihan koneksi wireless network connection.Pada menu samping kiri, pilih refresh network list, sehingga akan muncul daftar dari jaringan wireless yang ada dalam jangkauan.


 Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok, unsecured dan secured. Pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar menggunakan IP dinamik, sedangkan pada secured kita diharuskan registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan untuk mendapatkan IP .


Pilih salah satu yang unsecured -jika ada- dari daftar pilihan koneksi wireless laptop yang tersedia, kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah.


4. Jika connect, pada icon tray Windows, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan kualitas kekuatan sinyal wi-fi yang diterima yaitu Excellent (54 Mbps), Very Good, Good,Low, Poor.Untuk melihat status koneksi, klik dua kali pada icon tersebut maka akan muncul jendela status dari koneksi wireless laptop tersebut.


5. Coba klik icon wireless yang terdapat pada menu bar sebelah kanan bawah laptop.


Cara menghidupkan wifi dengan taskbar


Taskbar adalah bagian paling bawah dari computer, maka pada sudut kanan anda akan temukan lambing seperti berikut ini






Tekan saja seperti tanda panah lalu tekan connect dan anda bisa menikmati wofi secara sempurna. Ini juga termasuk cara termudah dalam pengaktifan wifi. Setelah connect maka tulisan connect diatas akan berubah menjadi disconnect dan  anda sudah bisa menikmati wifi,


Adapun untuk mematikannya kembaali lagi ke taskbar dan tekan disconnect tadi, maka wifi anda akan mati . mudah bukan ??


Cara mengaktifkan wifi dengan tombol wifi di laptop


Cara ini diperuntukkan bagi kawan-kawan yang mempunyai wifi canggih, conto dari tombol wifi itu adalah seperti berikut ini

Nah cara kerjanya adalah, anda hanya menekan nya saja, lalu akan menyala lampu merah menandakan wifi sudah hidup dan anda sudah bisa uyntuk menggunakannya, kemudian untuk menonaktifkan wifi tersebut anda hanya menekan tombol itu lagi dan pastikan lampu indikatornya mati, maka wifi tersebut sudah non aktif


Apabila wifi anda juga belum bisa dibuka maka anda harus cek dulu wifi wireless anda

Cara mengecek wifi wireless


buka tombol start, lalu pilih control panel

kemudian buka kategori lalu pilh network and internet setelah itu pilih networking and sharing centre

pada menu sebelah kiri, pilih opsi dan pilih change adapter setting

cari ikon wireless yang anda gunakan yaitu wifi

lalu klik kanan dan rubah menjadi enable

sekarang koneksi wifi suda bisa dipakai


kalau belum juga maka anda dianjurkan untuk menginstall ulang driver wifi anda,

terimakasih
Disqus Comments