Kamis, 24 November 2016

Manfaat dan Kelebihan BBM (Blackberry Messenger)




Pengamatan terhadap aplikasi BBM dalam hal ragam dialognya sesuai dengan standar ragam dialog pada matakuliah interaksi manusai dan computer,

Aplikasi BBM adalah  aplikasi yang  dikembangkan oleh RIM Blackberry dan dirilis pada tahun 2013 dengan system operasi android, blackberry OS, IOs (Wikipedia)

Sebagaimana yang  dilangsi oleh  www.blackberry.com  menyebutkan bbm bukan hanya sebagai alat untuk pengirim pesan tetapi lebih dari itu, BBM memberikan pelayangan tercepat dalam hal chatting dan  berbagai moment sehingga tersa seperti percakapan face to face anatara dua orang yang terjadai seara real time.

BBM juga menyebutkan bahwa mereka selalu membuat inovasi dalam pembuatan features yang beru dan superior seperti chatting,  BBM coice, video call, BBM group dan semua itu gratis dan bisa di pergunakan di multi platform bukan hanya di BBM saja tetapi di semua device yang dapat terhubung dengan internet.

Menurut hemat kelompok  kami hal ini sudah memenuhi kriteria pada teori imk baik menu maupun dialognya, adanyana show password ini berguna untuk melihat password apakah sudah benar atau belum, menu forgot password juga ada, lalu menu sign in juga ada.

Menu percakapan juga sangat bagus, adanya fungsi untuk friend, add file dan fungsi sticker yang membuat chattingan menjadi lebih nyata. Untuk lebih jelasnya 

Berikuta adalah kelebihan yang ditawarkan oleh blackberry 

Menampilkan kontak dan status
Ini merupakan ragam dialog yang cukup membantu pengguna bbm, sehingga ketika kita ingin chatting dengan seseorang otomatis pengguna bbm akan melihat apakah lawan bicaranya sedang aktif atau tidak. 

Berbagi Berkas
Di dalam aplikasi bbm juga ada menu berbagi berkas yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi anatara pengguna lainnya

Group BBM
Menu group bbm juga sangat membantu pengguna bbm untuk berinteraksi sekaligus dalam segala bidang sehingga dapat digunakan untuk bisnis, diskusi dan lainnya, dan dialog ini sampai saat ini sudah sangat memuaskan

Berikutnya adalah PIN
Pin ini adalah keunikan dari bb mini sendiri, sehingga sangat familiar di telinga ketika pengguna bbm salaing bertukar pin, karena semuna informasi dapat dilakukan jika dan hanya jika pengguna bbm mempunya pin, dan pin pengguna antara satu dengan yang lainnya taka da yang sama.

Menu avatar.
Menu avatar ini juga merupakan hal yang membuat blackberry menjadi seperti nyata dalam kehidupan. Seperti karakter egois, dan karakter-karakter lainnya.

Perbarui status
Bbm juga memberikan layanan untuk memperbarui staus, ini berguna untuk pengguna bbm agar dapat memberitahukan temannya tentang moment, hal, atau apapun itu yang sedang dirasakan oleh nya.

Broadcasting
Bbm juga bisa membuat dan menybarkan informasi ke segala hal dalam hal promosi, dialog ini akan mengirimkan informasi mengenai suatu hal kepada group, person yang kita punyai kintak bbmnya
Selain itu bisa juga di share oleh kawan kita, shingga bb mini sangat membantu pengguna untuk menyebarkan iklan atau promosi lainnya.

Berbagi lokasi
Menu ini diperuntukkan untuk pengguna bbm untuk memberi tahukan tentang lokasi diman ia berda sekarang, sehingga hal ini membuat chatting di bbm lebih tersa hidup.
Kita juga bisa menyetting bbm kita sendiri
                  

Adapun kekurangan dari bbm itu sendiri adalah

Belum didukung dengan fitur autotext blackberry messenger layaknya pada smartphone blackberry yang dapat menambilkan simbol unik dan lucu secara cepat. Semuanya masih dilakukan secara manua..

Belum tersedianya menu berbagi PIN BBM. Sehingga jika kita ingin mengirimkan contact PIN harus melakukan copy paste PIN tersebut.

Belum adanya fitur kategori kontak seperti yang ada pada bbm di blackberry. Sehingga kontak yang kita punyai digabung semua, baik itu antara teman, teman dekat, orang tua, dan lainnya.

Sehingga menurut kelompok kami BBM sudah memnuhi kriteria IMK dalam hal menu dan dialognya. Dikarenakan setalah dibandingkan kelebihan dan kekurangannya maka kami menemukan kelebihan yang lebih banyk dibandingkan kekurangannya itu sendiri.

 

 


Disqus Comments