Sabtu, 05 November 2016

Cara Membuat Steganography Konvensional


 Cara Membuat Steganography Konvensional

Setelah kita mengetahi sejarah kriptography, sekarang kita coba untuk mulai membuat kriptografi tersebut berupa steganography.


                Apa itu steganoghraphy, apakah semacam makanan ringan atau jenis kawanan dinasourus. Yup hamper tepat, steganoghraphy itu berasal dari kata steganos (στεγανός), artinya "covered(tertutupi), concealed(tersembunyi), or protected(terjaga)", dan graphein (γράφειν) artinya "writing, tulisan". Pertama kali di ungkapkan di tahun 1499  oleh Johannes Trithemius dalam bukunya Steganographia, dahulunya hal-hal mengenai steganoghraphy ini diangga tabu dan mistik. (Wikipedia)


                Nah sehingga dapat disimpulkan dari pengertian diatas steganoghraphy itu diartikan sebagai ilmu atau seni yang mampu membuat suatu tulisan, pesan tertentu hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja dengan seni tertentu. yup contoh sederhananya, ketika kita membuat kesepakatan dengan seseorang akan bertemu di kafe A tepat pada jam 19.00 wib, nah kebetulan kita satu kampus dengan seseorang ini sebut saja vani, lalu kita hanya bilang kepadanya “nanti malam ya”. Kalimat “nanti malam ya” apabila didengar oleh orang lain maka hal itu tidak akan dimengerti, akan muncul pertanyaan, ngapain nanti malam??, emangnya  nanti malam malam apa??, dimana nanti malam??, dan pertanyaan lainnya, tetapi bagi vani yang sudah mengerti dengan maksu “nanti malam” otomatis meresponnya ya, acc, setju, dan lainnya. Karena maksud dari “nanti malam ya” itu adalah di kafe A tepat pada jam 19.00,

Cara Membuat Steganography Konvensional
Kunci Kos


                Contoh kasus diatas merupakan steganoghraphy, nah banya contoh-contoh lain di kehidupan kita sehari-hari yang menerapkan steganoghraphy, karena hal itu sangat penting. Contoh lain, pada kehidupan mahasiswa dan kosnya, pasti sudah ada kesepakatan diantara mereka untuk menyimpan kumci ketika mereka sedang keluar kos, dan dapat dipastikan orang diluar kos tersebut tidak akan mengetahui dimana kunci tersebut diletakkan.



                Ketika seseorang dapat memecahkan kerahasiaan letak kunci maka keamanan barng-barang yang ada di kosan tersebut akan terancam dicuri, dan otomatis yang ada didalam kos tersebut akan sangat dirugikan. Begitulah gambaran betapa pentingnya steganography dalam kehidupan kita sehari-hari.

                Selain memiliki hal yang rumit tersebut kita juga haru mempunyai kata kuncinya contoh tempat penyimpanan kunci kos itu di balik batu paling sudut dari kiri rumah, nah ini lah yang saya maksud dengan kuncinya. Tanpa kunci ini steganography yang kita buat tidak akan bagus.



                Nah yang akan kita bahas disini adalah bagaimana cara agar kode kita tak terpecahkan dan cara membuatnya masih konvensional, artinya tidak begitu banyak membutuhkan biaya dan peralatan. Ada beberapa cara yang akan kita lakukan yakni,


1.       Coba dari yang termudah

Contoh coba buat kalimat yang hanya mementingkan huruf pertama dari suku kata tertentu saja,

Berani untuk naik unta hasil dari iuran ayah. Nah kalimat yang memiliki arti ini mengandung pesan yang kejam bukan, nah mulai dari yang sederhana dan mudah, kunci dari kasus ini adalah huruf pertama dari suku katanya.


2.       Coba untuk berimprovisasi

Inovatif kata lainnya ya kita harus membuat sesuatu  itu harus inovatif artinya agar steganography kita tidak tertebak coba buat hal yang rumit tetapi punya kunci yang mudah diingat dan susah ditebak oleh orang yang tak mengerti. Sebagi contoh Caesar chipper dimana beliau menggeser huruf abjad menjadi 3 huruf, dan terbukti 200 tahun lamnya agar Caesar chipper ini dapat dipecahkan oleh alkindi.

3.       Ya gali terus potensi mu

Segala sesuatu itu tidak didapat dengan mudah tetapi harus bersungguh-sungguh, kalau peembaca sekalian tertarik dengan steganoghraphy yang mendunia, artinya dapat menyelamatkan dunia maka pembaca sekalian akan mempelajarinya, pelajari hal yang baru apalgi tutorial ini baru konvensional, gali lagi kea rah yang lebih modern. Karena keamanan itu hanya bisa dirahasiakan dengan steganoghraphy.


                Setelah mengetahui betapa pentingnya steganography tersebut, saya akan membereri contoh steganography konvensional dan pastinya rumit untuk ditebak, tentunya beriku dia.

                      Japanganpamapasukpahaparipasepaninpa                                      


Itu dia coba ditebak apa maksudnya, dan beri komentar untuk jawaban anda, nyerah dibilang ya, boleh dikerjakan berkelompok, dosen, organisasi, dan para hacker sekalipun, silahkan??









 

Disqus Comments