Sabtu, 05 November 2016

7 Tips Mendesain Suatu Sistem Informasi Menajemen yang bagus


7 Tips Mendesain Suatu Sistem Informasi Menajemen yang bagus

IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer) adalah Suatu ilmu yang mempelajari mengenai interaksi antara manusia dan computer

 yang bertujuan agar sistem computer tersebut menarik dan memudahkan manusia dalam bidang tertentu.

Nah dalam mendesain suatu sistem ada 9 tips yang perlu diperhatikan

1.       User Compatibility

Arti dari user compatibility ini adalah kesesuaian pengguna, hal inilah yang paling perlu diperhatikan dikarenakan sebuah sistem yang kita bangun bukan lah berdasarkan kemauan kita tetapi harus berdasarkan kemauan user,

kemauan user dapat diperoleh dari quisoner yang kita sebarkan. Misalnya warna dari background sistem kita, bentuk interface yang diinginkan user kita, sehingga nantinya software atau sistem yang kita bangun memang betul-betul mengenal usernya.

2.       Product Compatibility

Arti dari product compatibility ini adalah kesesuaian product. Banyak dari sistem yang ada sekarang ini asal jadi, sebagai contoh sistem penggajian yang diadopsi dari sistem penggajian secara manual,

 terkadang sistem yang terkomputerisasi tidak memberikan hasil yang memuaskan dibandingkan dari sistem yang manual,

 inilah sebabnya kita harus memperhatikan product compatibility ini agar report dari sistem kita memang benar-benar sesuai dengan aslinya.

3.       Task Compatibility

Kesesuaian Tugas, ya sistem yang kita bangun dan kita desain juga harus mampu mengerjakan tugas seperti manualnya, dan disarankan harus sederhana bukan malah mengeribetkan admin

sebagai contoh ketika kita menginstall aplikasi maka yang ada hanya perintah install, next, next, next, dan finish saja, dan hal itu cukup sederhana.

4.       Work Flow Compatibility

Runtutan kerja, sebuah sistem yang kita bangun pasti aka nada runtutan kerjanya, misalnya input dulu nama karyawan serta data karyawan lainnya,

 kemudian hitung absennya berpa hari hadi, berapa hari izin, kemudian kalikan 1 hari kerja dengan @ 50.000, kemudian totalkan semuanya dan itulah gajinya,

 inilah yang saya maksud dengan runtutan kerjanya, runtutan kerja ini harus mudah dipahami oleh user.

5.       Consistency

Konsisten, sesuatu yang konsisten lebih terukur kualitasnya daripada sesuatu yang tidak konsisten, sistem yang kita bangun diharpkan bersifat konsisten baik

dalam hal interface(tampilan), ukuran huruf dan jenisnya, format laporannya, format inputnya, warna dan lainnya, hal itu diperlukan konsisten agar tidak menambah kebingunan dari pengguna nantinya.

6.       Famialirity

Sesuatu yang telah kita kenal dan familiar bagi kita maka akan sangat mudah untuk mengingatnya, begitu juga dengan sistem kita.

Kita harus menggunakan kalimat-kalimat yang familiar sehingga user yang menggunakan sistem kita merasa nyaman dan gampang ingatnya dengan sistem kita nantinya.

7.       Simplicity

Kesederhanaan adalah kunci segalanya, ketika sistem kita sederhana tetapi powerfull maka sistem yang kita bangun itu akan menuai perhatian dari dari orang banya dan akan membantu orang banyak dalam memudahkan pekerjaannya.
Tidak semua sistem yang banyak menu,d an rumit bagus dan dicintai oleh usernya tetapi sebaliknya semua orang pasti menyukai yang namanya kesederhanaan dari sebuah sistem.

Hal itulah yang mendasari dari sebuah desain sistem informasi menajemen,

ketika kita sudah menerapkan 7 tips mendesaian suatu sistem informasi menajemen yang bagus maka kita akan menjadi desainar yang user friendly, yang disenangi oleh pemakai sistem kita.

Disqus Comments