Halo teman-teman, gimana kabarnya, pasti ingin menggambarlagi dengan java ya, tenang kali ini kita akan menggambar tentang sesutau yang disebut dengan rumah, ya kita akan menggambar rumah sedehana menggunakan java dan netbens, ya selahkan saja copykan text ini ke netbens anda sekalian ya, kemudian silakan di run nantinya dan lihat hasilnya seperti apa. Pasti akan menghasilkan gambar rumah.
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
public class Rumah extends Canvas {
public void paint(Graphics s)
{
for (int i = 0; i < 150; i++) {
s.drawLine(240, 40, 220, 20);
s.setColor(Color.BLUE);//set background
s.fillRect(0, 0, 1000, 1000);
s.setColor(Color.yellow);//set warna matahari
s.fillOval(200 + i, 40, 100, 100);
//
s.setColor(Color.WHITE);
int []a = {400,350,600,645};
int []b = {350,250,250,350};
s.fillPolygon(a,b,4);
s.drawPolygon (a,b,4);
s.setColor(Color.RED);
s.drawLine(350, 250, 300, 350);
s.drawLine(350, 250, 400, 350);
s.draw3DRect(350, 250, 250, 1,false);
s.drawLine(600, 250, 535, 350);
s.drawLine(600, 250, 645, 350);
s.drawLine(300, 350, 643, 350);
s.drawLine(643, 450, 300, 450);//3
s.drawLine(643, 350, 643, 450);//4
s.drawLine(535, 350, 535, 450);//genteng
s.setColor(Color.RED);
s.drawLine(300, 350, 400, 350);//2
s.drawLine(300, 350, 300, 450);
s.drawLine(300, 450, 400, 450);
s.drawLine(400, 350, 400, 450); //badan //1
s.setColor(Color.PINK);
s.drawLine(360, 360, 360, 400);
s.drawLine(360, 360, 390, 360);
s.drawLine(390, 400, 360, 400);
s.drawLine(390, 360, 390, 400);
s.drawLine(633, 360, 633, 400);
s.drawLine(603, 360, 603, 400);
s.drawLine(633, 360, 603, 360);
s.drawLine(633, 400, 603, 400);// jendela
s.drawLine(375, 360, 375, 400);
s.drawLine(360, 380, 390, 380);
s.drawLine(618, 360, 618, 400);
s.drawLine(603, 380, 633, 380);//tralis
s.setColor(Color.BLUE);
s.drawLine(320, 400, 350, 400);
s.drawLine(320, 400, 320, 450);
s.drawLine(350, 400, 350, 450);
s.drawLine(550, 400, 550, 450);
s.drawLine(550, 400, 580, 400);
s.drawLine(580, 400, 580, 450);
s.fillOval(325, 425, 8, 8);
s.fillOval(570, 425, 8, 8);// /x/y/width/height//pintu
s.setColor(Color.ORANGE);
s.drawLine(300, 450, 280, 500);
s.drawLine(400, 450, 420, 500);
s.draw3DRect(278, 500, 387, 1,true);
s.drawLine(535, 450, 515, 500);
s.drawLine(643, 450, 663, 500);//teras
s.setColor(Color.RED);//set warna bendera
s.fill3DRect(80, 320, 90, 30, true); // x/y/width/height/raised size untuk yang berwarna merah
s.setColor(Color.WHITE);//setwarna
s.fill3DRect(80, 350, 90, 30,true); // x/y/width/height/raised size untuk yang berwarna putih
s.setColor(Color.BLACK);//set warna tiang
s.fillOval(76, 316, 8, 8); // /x/y/width/height //set bulatan yang ada diatas tiang
s.fill3DRect(78,320, 5, 145, true); // x/y/width/height/raised //set size tiang
s.setColor(Color.GRAY);//set warna dibawah tiang
s.fill3DRect(75, 460, 15, 20, true); // x/y/width/height/raised untuk size yang ada dibawah tiang
s.setColor(Color.GRAY); //set warna garis bawah tulisan
s.draw3DRect(208, 215, 150, 2,true); // x/y/width/height/raised//set garis dibawah tulisan
s.setFont(new Font("Comic Sans MS",Font.BOLD,12)); //Jenis Font/Tebal/Ukuran //set tulisan dibawah
s.setColor(Color.YELLOW);//set warna tulisan
s.drawString("Design by : Kelompok 4", 750, 560);//Text/x/y //membuat tulisan
try {
Thread.sleep(i);
} catch (InterruptedException e) {
// TODO Auto-generated catch block
e.printStackTrace();
}
}
}
}
Setelah agan selesai mengcopy kodingan diatas, silahkan agan copy kan lagi kodingan dibawah ini ya
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import javax.swing.UIManager.*;
public class bantuanRumah extends JFrame
{
Dimension dimensi = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();//untuk tampilan frame
private Container konten = getContentPane();
private Rumah R = new Rumah();
//Membuat Konstruktor
public bantuanRumah()
{
setVisible(true);//untuk menampilkan frame
setSize(900,600);//width/height untuk besar nya frame konstruktur
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setResizable(false);
setLocation(dimensi.width/2 - getWidth()/2,dimensi.height/2 - getHeight()/2); //Mengatur Frame tampil di tengah layar monitor
konten.add(R); //Memasukkan object bendera ke dalam Container
}//Akhir Konstruktor
public static void main(String[] ar)
{
//Membuat Look and Feel Java Nimbus
try{
UIManager.setLookAndFeel("com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel");
} catch (UnsupportedLookAndFeelException e)
{
}
catch (ClassNotFoundException e)
{
}
catch (InstantiationException e)
{
}
catch (IllegalAccessException e)
{
}
new bantuanRumah();
}
}
cukup sekian ya, semoga bermanfaat thanks