Rabu, 16 November 2016

apa itu bisnis software dan contohnya

apa itu bisnis software dan contohnya

 

A.     Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi mengantarkan kita kepada dunia yang serba cepat, dimana semua informasi yang dibutuhkan harus tersedia. Dengan itulah sebabnya muncul internet yang menghubungkan semua jaringan computer di dunia ini.

Perkembangan internet inilah yang membantu manusia untuk mendapatkan informasi dimana saja mereka berada. Dengan informasi ini manusia dapat mengerjakan segala sesuatu denganserba cepat, membuat laporan dengan cepat, dan berbagai hal lainnya.

Begitu juga dengan perkembangan bisnis, bisnis zaman 90’an sangat berbeda dengan bisnis zaman sekarang, di tempo dulu bisnis hanya dilakukan face to face, artinya dalam ruang lingkup yang sangat sempit, seorang yang berada di Indonesia tidak akan mungkin untuk bisa berbisnis di amerika, begitu juga sebaliknya.

Dengan teknologi informasi maka hal itu tidak akan mustahil lagi, bahkan seorang bill gate telah berbisnis ke penjuru dunia sampai kerumah, gedung, perkantoran. Sehingga tak mustahil baginya untuk menjdi nomor wahid di jagad seantaro dunia ini.

Ini disebabkan oleh bisnis software dimana setiap laporan untung rugi, keuangan, pemasaran, dan hal lainnya dapat di control dari belakang meja yankni di computer. Begitulah hebatnya bisnis software ini.
Untuk itulah kami ingin memperkenalkan kepada kelas apa itu esensi dari bisnis software tersebut.

B.     Pengertian software bisnis

Business Software atau aplikasi bisnis adalah perangkat lunak atau sekumpulan dari program yang digunakan untuk berbagai jenis bisnis. Aplikasi bisnis ini digunakan untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, serta untuk mengukur produktivitas tersebut. (https://en.wikipedia.org/wiki/Business_software).

C.     Tujuan software bisnis

Adapun tujuan dibuatnya software bisnis ini adalah untuk meningkatkan efektifitas karyawan, menurunkan anggaran perusahaan, untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya, serta untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dan produktivitasnya

D.     Jenis software bisnis

Adapun jenis-jenis dari software business itu adalah, sistem akuntansi, sistem keuangan, sistem penggajian karyawan, sistem perpajakan, sistem pergudangan, sistem inventory, serta sistem-sistem lainnya yang berhubungan denga proses bisniss.

E.      Perkembangan software bisnis

Software bisnis juga memiliki sejarah dalam perkembangannya, ini disebabkan karena perkembangan teknologi dan kemampuan sumber daya manusia, serta disebabkan factor kebutuhan manusia itu sendiri,
Pada awal perkembangannya Microsoft excel sudah dapat menampung segala proses bisnis yang ada, kemudian setelah kebutuhan berkembang maka orang banya beralih ke Microsoft access, disebabkan micosoft acces ini dapat diformat utnuk membuat laporan, dan sekarang masih banyak pelaku bisnis yang menggunakan Microsoft access.

Tetapi dikarenakan kebutuhan manusia yang beragam dan semaki kompleks, maka bermunculanlah sistem-sistem informasi yang khusus membidangi bidang tertentu, sehingga Microsoft access sudah banya ditinggalkan sepeti dalam bidang pembukuan ada software accurate, dalam bidang lainnya ada sistem informasi akuntansi, dalam bidang perpajakan ada sitem informasi perpajaka,
Hal itu semua dilakukan untuk meringakan pekerjaan, serta meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan.

F.      Keuntungan bisnis software


1.      Menghemat anggaran perusahaan

Untung rugi sangat dipertimbangkan oleh perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Nah  dengan software bisnis ini dapat menghemat anggaran perusahaan. Sebagai ilustrasi, jika sebuah bisnis tidak mennggunakan software, maka segala proses bisnisnya akan dilakukan secara manual, otomatis akan memerlukan banyak tenaga untuk mencatat segala transaksi, misalnya untuk menulis transaksi harian, untuk menulis laporan, untuk menulis laporan laba-rugi, dan lainnya, tetapi dengan software segalahnya bisa dirangkup jadi satu, ketika kita mengetikkan transaksi harian maka otomatis laporannya akan tersusun rapi seketika.

2.      Kecepatan

Dengan software semua bisa dilakukan lebih cepat, mengapa tidak, ketika kita mencatatkan transaksi harian, maka software akan mengambil alih untuk menyusun laporan untung-rugi, laporan neraca, laporan transaksi, dan laporan lainnya, tetapi jika semua itu dilakukan manual maka akan lebih lambat, dan pekerjaan itu bisa jadi bertumpuk.

3.      Kesalahan dapat diminimalisir

Kesalahan adalah hal yang tak dapat dilepas dari manusia, karena setiap manusia pernah bersalah, untuk itulah maka diperlukan software, ketika software yang menyusun laporan, maka kesalahn dapat diminimalisir, kesalahan hanya dapat terjadi jika user salah input, atu virus yang menyerang, hanya itu, sehingga kesalahan yang lain dapat diminimalisir.

4.      Membantu untuk mengambil keputusan

Disebabkan kesalahan itu sedikit, maka hal ini akan membantu pimpinan perusahaan untuk mengambil keputusan yang baik dan benar, karena keputusan itu sangatlah penting bagi bisnis, jika keputusan atau kebijakan yang diambil salah maka otomatis perusahaan akan dalam bahaya.

5.      Membantu perusahaan untuk membayar pajak dan lainnya

Inilah salah satu keuntungan software disebabkan kita tidak perlu lagi menyewa ahli perpajakan untuk menghitung pajak suatu perusahaan, tetapi kita dapat langsung mengetahui pajak yang harus dibayarkan, sehingga perusahaan tidak kena sanksi atau lainnya.

G.    kesimpulan 

bisnis software sangatlah penting demi berjalannya sebuah bisnis, bisnis software akan memberikan banyak keuntungan kepada perusahaan, menghemat anggaran perusahaan, membantu pimpinan perusahaan untuk mengambil keputusan serta meringankan beban adamin dalam mengerjakan tugasnya.
Disqus Comments