Sabtu, 26 November 2016

17 Cara orang kaya semakin kaya




17 Cara orang kaya semakin kaya - Apakah anda tahu bahwa orang miskin lebih boros daripada orang kaya? ,

Hal ini sangat benar sekali,

Memang benar, ketika orang kaya berbelanja, maka mereka berbelanja dengan jumlah besar missal 5 juta sekali belanja, tetapi ingatlah mereka mempunyai penghasilan yang besar, investasi yang banyak, dan sumber penghasilan lainnya. Sehingga apa yang mereka belanjakan hanya 0,5% dari penghasilan mereka.


Kemudian ketika orang miskin belanja merka akan menghabiskan duit merka, buatlah mereka hanya belanja 100 ribu sekali belanja, tetapi penghasilan mereka  hanya dari jerih panyah keringat mereka , sehingga boleh jadi belanjaan mereka itu sekitar 50% dari penghasilan mereka.


Dari ilustrasi diatas jelas orang miskin lebih boros dari orang kaya


Orang kaya dan miskin memiliki kebiasaan yang berbeda. Kedua-duanya memiliki goal yang berbeda, cara berpikir yang berbeda, cara mengambil keputusan berbeda akhirnya memiliki nasib yang jauh berbeda.

Baca Juga : Gaji Kecil Tapi Mau Beli Rumah Impian, Ini Strateginya

Dalam artikel ini, saya mengambil 8 kebiasaan orang kaya yang harus kita tiru. Sukses seseorang harus kita lihat bukan hanya garis besarnya atau permukaannya, tetapi kita perlu lebih dalam menganalisa kebiasaan hariannya.


1. Tetapkan satu goal setiap harinya




Orang kaya di seluruh dunia setuju bahwa goal adalah "mercusuar kesuksesan". Apa yang anda tetapkan sebagai goal akan menarik kesuksesan secara dramatis.


 Setiap hari, orang kaya memiliki kebiasaan untuk membaca goal, memutuskan untuk bersemangat dan  memulai hari penuh harapan.  Ingat, goal bukan angan-angan! Goal adalah tujuan dengan jangka waktu dan target yang jelas sangat penting.

Baca Juga : Kisah Inspiratif, Teknik Dapatkan Rumah Impian Dari Gaji Kecil


2. Selesaikan goal yang anda tetapkan



Siapa yang tidak punya tujuan harian akan mengakhiri hari dengan perasaan bingung. Itu pengalaman saya. Rich people bukan hanya memiliki To DO List, tetapi melaksanakan apa yang ia tetapkan hari itu.


 Memang berbeda, ketika saya memiliki rencana hari ini lalu tidak saya tuangkan dalam catatan biasanya baru ingat sore harinya. Untuk itu, apa yang saya akan lakukan hari ini pasti saya tulis, saya pastikan terlaksana dan sesuai dengan goal yang telah saya tetapkan.


3. Memilih Siaran Televisi



Televisi adalah sesuatu yang ajaib, yang menyuguhkan berbagai informasi ke hadapan kita, tetapi apakah kita sadar bahwa Jika rata-rata kita menonton 5 jam dalam sehari, misalnya pulang kerja sampai mengantuk, kita menghabiskan waktu 1800 jam setahun.


 Setara dengan 3 bulan, waktu yang habis di depan televisi. Apalagi acara yang ditonton kurang mendidik (menggambarkan perselingkuhan, pertikaian, kekerasan, dan lainnya).


Baca Juga : 4 Cara Unik Allah Memberi Rezeki Kepada Hambanya

 Nah, waktu 3 bulan setahun yang telah disia-siakan, disadari oleh orang kaya sebagai pemborosan waktu yang paling merusak mental. Untuk itu motivator serta pembicara internasional seperti Jack Canfield, Anthony Robbins, Brian Tracy, bahkan Jim Rohn menganjurkan untuk mengurangi jumlah menonton televisi dan mengisi waktu kita dengan hal lain yang sekiranya lebih bermanfaat.


 Seperti hanya menonton tv yang menunjang kesuksesan saja, missal, acara kick andy untuk inspirasi, acara motivasi untuk meningkatkan motivasi, acara ILC untuk mengetahui perkara hokum di Indonesia.


4. Baca untuk mengatasi solusi bukan mengisi hobi


Jika anda pergi ke toko buku, 50-80% buku yang paling laris adalah novel, komik, majalah lifestyle dan tabloid gosip.


Orang kaya tidak menghabiskan waktu untuk membaca karena sekadar ingin menghabiskan waktu. Mereka membaca karena ingin mempelajari hal baru, mencari solusi terkini dan mengimplementasikan dalam kesehariannya.


5. Mobil, smartphone, dan rumah penuh dengan audiobook atau DVD edukasi



Pengusaha banyak menghabiskan waktu di perjalanan. Mereka mengisi waktu perjalanan dengan mendengarkan audio cd motivasi seperti strategi bisnis, motivasi, strategi rekrutmen, dan seterusnya. Jarang sekali saya mendengarkan musik apalagi jika sendirian di kendaraan.


 Di pesawat atau kereta ketika bepergian untuk business trip, saya menghabiskan waktu mendengarkan ipod atau menonton video training dari berbagai guru dan pengusaha sukses.


6. Rajin meng-up grade leher keatas



Orang kaya di seluruh dunia percaya bahwa investasi terbaik adalah edukasi. Highest return on investment are investing in your own knowledge, kata Brian Tracy.


 Pengetahuan yang semakin baik, menyebabkan risiko yang lebih kecil. Semakin Anda pandai, semakin mudah mengatasi masalah.


7.Tidak suka cara instan



Benar, coba tanyakan ke orang yang saat ini sudah sukses, berapa banyak di antara mereka yang kaya mendadak dengan cara yang instan? Jawabannya, semua melewati proses. Karena proses ini membentuk mental, skill, attitude yang benar.


Orang yang melewati proses hidup menjadi lebih masterful, bijaksana dan kuat pondasinya.


8. Menjaga pola makan & berolahraga



Pikiran yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat . hal ini lah yang cocok untuk menggambarkan hal ini . Lebih ekstrim, orang kaya memperhatikan apa yang mereka makan, minum, tonton, baca untuk menjaga kesehatan.


Karena ketika mereka sudah sehat maka mereka bisa memikirkan hal-hal yang sehat juga, seperti bagaimana cara pengembangan bisnis ke depannya. Mereka sada  Tidak ada pengganti tubuh yang rusak karena tidak dirawat dengan baik. Anda bisa saja mengganti mobil, rumah, barang elektronik, dan seterusnya. Tapi tubuh Anda, hanya satu! Untuk itu menjaga kesehatan total adalah kebiasaan yang mereka jaga dengan sangat konsisten.



9. Berhati-hati dalam pengeluaran kecil



Kebanyakan dari Anda pasti berhati-hati dalam berinvestasi ataupun pembelian yang besar. Tetapi bagi orang 'kaya' justru pengeluaran kecil yang perlu dipikirkan karena ada begitu banyak pengeluaran kecil akan menjadi jumlah yang besar. Mereka selalu mencari cara yang mana bisa dikurangi sedikit dari setiap pengeluaran.


10. Melihat masa depan dengan jelas



Seringkali begitu mudahnya Anda menghabiskan uang untuk sesuatu barang yang disukai saat ini dan pada akhir hari menemukan dompet dan rekening bank sudah menipis. Berapa pun penghasilan Anda, cara hidup seperti ini tidak akan pernah menjadikan Anda 'kaya'.


 Prinsip yang berbeda diterapkan orang 'kaya'. Orang 'kaya' berfokus ke masa depan dan tidak sekedar memuaskan keinginan belanja saat ini. Ada pepatah dari Tennessee Williams "Anda dapat menjadi muda tanpa uang, tetapi Anda tidak dapat tua tanpanya".


11. Tidak Pamer


Baca Juga : 4 Cara Agar Ban Motor Anda Tidak Cepat Gundul

Seringkali orang senang menggunakan barang yang bagus agar yang melihat terkesan. Bila ingin 'kaya' Anda tidak dapat melakukannya agar pengeluaran bisa dibatasi. Belilah sesuatu yang Anda butuhkan tetapi jangan melakukan hanya untuk mengesankan pandangan orang.


 Apalagi agar supaya orang memuji anda terhadap barang yang anda punya, ini sangat berbahaya sekali. Karena boleh jadi anda tidak sadar telah memboroskan uang anda.



 12. Buat planning keuangan  serapih mungkin



Kebutuhan dan keinginan saat ini semakin banyak dan yang ingin dibeli juga banyak akhirnya tidak ada uang untuk ditabung. Jika Anda tidak memiliki rencana dan anggaran keuangan maka uang akan mengalir terus. Orang 'kaya' tahu dari mana uangnya berasal dan di mana uang itu akan digunakan dengan cara menulisnya.


13. Kerja keras



Ada pendapat di masyarakat bahwa orang 'kaya' hidupnya berfoya-foya, tapi kenyataan yang ada mereka kerja keras. Yang dilakukannya melebihi orang biasa sekurang-kurangnya pada umur yang paling produktif. Jika penghasilan sudah bertambah mereka menyimpan lebih dari yang sebelumnya.


14. Menabung dari penghasilan


Baca Juga : 7 Makanan Ini Membuat Anakmu Super Jenius

Perlu diketahui orang 'kaya' tidak senang menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Mereka tidak seperti yang dipikirkan kebanyakan orang, itulah sebabnya mengapa mereka tetap 'kaya'. Mereka selalu menabung. Mereka juga mengerti di mana uang tabungannya harus ditempatkan yang bisa memberikan imbal hasil yang menguntungkan.


15. Sering tawar menawar saat berbelanja



Sama seperti Anda, orang 'kaya' pun ingin uangnya bernilai tinggi. Mereka selalu mencoba mencari diskon murah dan tawar menawar. Ada orang bijak mengatakan "mengapa harus membayar mahal bila ada orang membayarnya kurang untuk itu".


16. Resep orang 'kaya' (prinsip 10%)



Setelah Anda menerima gaji, sisihkan berapa persen untuk beramal dan juga berapa persen untuk investasi, dan gunakan sisanya untuk membiayai hidup. Bagi Anda yang hidupnya pas-pasan tanpa tabungan lakukan yang sederhana saja yaitu amalkan berapa persen dari penghasilan.


Beramal seperti menanam benih kebaikan, hal ini akan memberikan rasa tenteram yang memacu produktifitas bekerja. Hal inilah yang sering dilakukan oleh orang china dengan prinsip 10%, dimana 10% dari penghasilan mereka selalu disumbangkan ke panti social, rumah ibadah, dan keperluan social lainnya, karena kesuksesan itu terdapat campur tangan yang maha kuasa.


17. Tutup kebocoran sejak dini



Orang 'kaya' biasanya tidak pernah mengeluarkan uang tanpa rencana. Mereka tetap sangat hati-hati tentang biaya dan ongkos yang bisa dicegah. "Hati-hati dengan biaya-biaya kecil, kebocoran kecil akan menenggelamkan sebuah kapal yang besar"(Benyamin Franklin).


Hidup orang 'kaya' ternyata sederhana dan tidak berfoya-foya. Mereka sangat hati-hati dalam pengeluaran dan bekerja keras untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Anda masih mau 'kaya'? Ikuti pola hidup mereka.



Disqus Comments